Gema Mitra – Kota Tasik
Pada awal bulan Maret mendatang, di Kota Tasikmalaya akan diselenggarakan lomba musikalisasi puisi se-Jawa Barat bertepatan dengan peluncuran album musikalisasi puisi L’Nina serta dimeriahkan oleh 11 penyair Tasikmalaya, pameran dan melukis bersama dengan komunitas seni rupa Tasikmalaya yang akan di gelar sejak tanggal 4 Maret 2019.

Ketua Pelaksana Nina Minareli mengatakan, Kota ini tempat lahirnya penyair. Dan Tasik juga di kenal dengan kota puisi. Untuk tahun 2019 ini mulai menghidupkan kembali gairah perpuisian melalui lomba musikalisasi puisi dengan tema yang di usung “Puisi Yang Berdansa di Dalam Senja”.

Nina mengungkapkan, dulu memang musikalisasi puisi sempat diadakan yang digawangi oleh Komunitas Cermin Tasikmalaya dkk, tetapi tidak berlanjut.

“Nah sekarang kami bekerjasama dengan Sanggar Sastra Tasik sebagai administrasi dan publikasi, Komunitas Cermin sebagai koordinator acara, Komunitas Seni Rupa dan Sanggar Kinanti sebagai koordinator pameran akan menggelar lomba musikalisasi puisi se- Jawa Barat terbuka, yang akan diselenggarakan pada tanggal 8 – 10 Maret 2019, bertempat di Pendopo Tasikmalaya”, ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, meskipun kontennya Jawa Barat, tetapi di luar Jawa Barat juga ikut dan berhak menjadi peserta. Karena kami juga bekerjasama dengan Yayasan Lanjong dan Ruang Sastra Cianjur yang menjadi koordinator untuk pesert-peserta yang ingin mendaftar dari luar daerah.

Menurutnya, Kesenian dan kebudayaan semakin tak terpelihara dan terjaga. Kesenian di Indonesia semakin memudar di tengah arus globalisasi, salah satunya adalah musikalisasi puisi. “Untuk itu, dengan adanya program ini diharapakan upaya pelestarian, pembinaan, dan pengembangan seni sastra dan seni musik akan terus terpelihara dengan baik.

Disamping memperhatikan program kerja Yayasan Bangkit Anak Nusantara Riung Asih, mengembangkan tali silaturahmi antara Sanggar-Sanggar Seni yang ada di Jawa Barat, mengisi luang waktu dan hiburan bagi Masyarakat Kota Tasikmalaya, menggali potensi dan mengembangkan bakat Anggota Sanggar dalam realisasi di masyarakat”, harap Nina kepada Gema Mitra, ketika ditemui di markas Komunitas Cermin Sabtu 27/1/2019.*** (Kesit)