Rasa Percaya Diri

Oleh: Datu Septinampani, S.Pd. (SDN Sukarame Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya) 

Percaya diri adalah kemampuan dalam meyakinkan nilai positif dari sikap atau perilaku pada diri sendiri sehingga dalam tindakannya dapat melakukan hal-hal yang sesuai dengan keinginan tanpa ada tekanan dari orang lain, dapat tanggung jawab atas perbuatannya, sopan santun dalam berinteraksi, memiliki dorongan prestasi, serta dapat mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

Pada proses kegiatan pembelajaran di sekolah berlangsung, rasa percaya diri pada siswa sangatlah penting. Karena apabila siswa memiliki rasa percaya diri yang rendah, maka mereka tidak yakin pada kemampuan diri sendiri, mereka berpikir orang lain tidak akan menerimanya, sehingga memilih untuk tidak bergabung dengan teman sebayanya. Adapun ciri-ciri siswa dengan rasa percaya diri yang rendah yaitu siswa lebih banyak menghindar, mencontek (karena ia tidak yakin pada kemampuan diri sendiri), kemampuan sosial yang buruk, mudah panik, bahkan akan berdampak pada prestasi yang tidak akan optimal.

Oleh karena itu, hendaknya guru harus mampu berupaya dalam meningkatkan rasa percaya diri pada siswa misalnya dengan memberikan pengertian bahwa semua anak berbeda, memberikan contoh (role model) dan teladan yang baik pada siswa, mengajarkan siswa untuk mengekspresikan perasaannya, memberikan rasa empati, serta menghargai dan memberikan pujian pada saat siswa telah berhasil dalam proses pembelajaran. Dengan rasa percaya diri ini, akan mendorong siswa untuk menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, siswa juga akan mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Siswa yang memiliki kepercayaan diri akan sadar dengan kemampuannya sehingga membantunya dalam segala situasi dan kondisi yang baru ditemuinya.

Rasa percaya diri juga akan berdampak positif pada kegiatan pembelajaran siswa. Misalnya siswa tidak gampang takut dan cemas ketika melakukan kesalahan dalam belajar, siswa lebih berani dalam mengemukakan pendapatnya, siswa lebih mudah bergaul dengan temannya, serta dapat meningkatkan kemampuan dalam belajarnya sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Dengan rasa percaya diri, diharapkan siswa mampu menjadi pribadi yang lebih terbuka dan jujur, juga dapat bersosialisasi dengan baik. Selain itu juga diharapkan siswa dapat lebih nyaman dan aman dalam sebuah aktivitas kelompok. Dengan rasa percaya diri yang sehat, akan membuat siswa memiliki pikiran yang positif dan memiliki karakter yang optimis.***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *