Gema Mitra – Kab. Tasik
Pemerintah Desa Salawu kembali menyalurkan dana desa tahap ke 3 dengan membuat parit saluran air sepanjang 300 M, ebar 50 cm, kedalaman 30 cm dengan alokasi dana sebesar Rp. 80 juta untuk 3 Minggu kalender kerja.

Ketua TPK Salawu Jujun mengatakan, bahwa pembuatan saluran parit ini tidak merata dari segi lebar dan kedalaman, soalnya areanya yang berbenturan dengan rumah dan jalan gang.

“Pinginnya sih rata, biar airnya gede karena disaluran ini banyak kolam dan sawah, tapi karena kondisi lokasinya ada yang sempit dan luas, jadi kita menuruti lahan yang ada. Ada yang lebar 1 M kedalaman 80 cm, ada juga yang lebar 50 cm kedalaman 30 cm”, ungkapnya.

Selain itu, lanjut Jujun, kami juga membayar pekerja sesuai dengan upah minimum tukang dibantu swadaya masyarakat sekitar dengan bergotong royong membantu atas anjuran dari RT nya masing.

“Hingga saat ini, alhamdulillah masyarakat Salawu khususnya RT 04/02 masih membudayakan gotong royong dari mulai anak anak sampai orang dewasa ikut turun mengangkut bahan material”, ujarnya.

Maskun (52) salah seorang warga sekitar, menuturkan bahwa dirinya sangat terbantu sekali dengan adanya program pengerjaan parit ini. Pasalnya rumah yang ditinggalinya sering banjir karena air yang meluap dari parit tersebut.

“Alhamdulillah dengan adanya pembangunan ini parit kelihatan rapih dan tinggi. Jadi kalau seperti ini, kalau datang hujan besar air tidak akan meluap lagi. Saya ucapkan terima kasih pada kepala Desa yang selalu perhatian pada lingkungan”, tuturnya. (Akoh)