Relawan Kang Yanto Oce Gelar Aksi Sosial Donor Darah

Kota Tasikmalaya – GM | Relawan Kang Yanto Oce (KYO) satu hati bekerjasama dengan UTDRS dr. Soekardjo menggelar aksi sosial donor, diikuti oleh ratusan warga Kota Tasikmalaya yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat. Diantaranya para seniman jalanan Tasikmalaya, forum kreatif perempuan, dan warga masyarakat pada umumnya.

Kegiatan yang dipusatkan di Sekretariat KYO Jl.Letkol H.Basir Surya No 33 Kota Tasikmalaya, Minggu (31/07/2022) ini, bertujuan untuk menampung sumbangan darah dari warga dan menambah stok labu darah di Rumah sakit umum daerah (RSUD) dr. Soekadrjo Kota Tasikmalaya.

Read More

Ketua Panitia Kegiatan Donor Darah dari Relawan KYO Yundi Aryandi sekaligus petugas UTDRS, mengatakan, pihaknya mengaku bangga dan bersyukur melihat jumlah warga yang mendaftar mencapai ratusan orang. Mereka memiliki kepedulian sosial yang tinggi untuk membantu ketersediaan darah di RSUD dr. Soekardjo.

“Kegiatan donor darah ini melibatkan UTDRS dr Soekardjo Kota Tasikmalaya. Lewat kegiatan donor darah ini, ia melihat semuanya bersatu dalam aksi kemanusiaan untuk membantu sesama,” ungkapnya.

Foto bersama Kang Yanto Oce dengan para relawan.

Lebih jauh Yundi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengampanyekan donor darah bagi warga Kota Tasikmalaya untuk menarik minat warga menjadi pendonor darah.

Hal itu dikarenakan, ketersedian stok darah sangat tergantung dari peran serta atau partisipasi masyarakat, sehingga Relawan KYO akan terus bekerjasama dengan semua aspek di masyarakat untuk mensosialisasikan terkait pentingnya donor darah sehingga akan tumbuh kesadaran serta partisipasi masyarakat untuk ikut atau membuat kegiatan donor darah.

“Kami berharap dengan donor darah bisa meningkatkan partisipasi masyarakat untuk bisa berdonor darah membantu masyarakat yang membutuhkan darah, mari kita donor untuk terus bisa membantu ketersedian darah,“ ucap Yundi.

Yundi juga mengungkapkan rasa terima kasihnya, atas nama relawan kepada panitia dan pihak lainnya yang ikut mensosialisasikan kepada warga masyarakat untuk menyumbangkan darah atau menjadi donor pemula.

Petugas Kesehatan dari RSUD dr Soekardjo sedang memeriksa kesehatan pendonor.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur melihat antusiasme masyarakat masih sangat tinggi dilihat dari hasil donor darah kali ini. Kita akan selalu siap membantu apabila ada masyarakat yang membutuhkan darah,” ungkapnya.

“Donor darah sebagai salah satu cara menyehatkan diri, baik donornya dan yang mendapatkan transfusi darahbya,” imbuhnya.

Sementara Rina Suhartini, AMd AK, Kepala Ruangan RSUD dr Soekardjo menjelaskan teknis bagi pendonor yang akan mendonorkan darahnya, yang pertama mengisi formulir biodata kemudian di cek kesehatannya. Pendonor harus dinyatakan benar-benar sehat jasmani rohani.

Kemudian di timbang berat badan. Pendonor harus memiliki berat badan 45kg, tensi normal, cek HB normal dan golongan darah.

“Kegiatan ini berjalan lancar, kami menurunkan tim kesehatan sebanyak 12 orang, mereka dibagi sesuai tugasnya masing-masing. Alhamdulillah pada kesempatan ini, kebanyakan pendonor lolos untuk mendonorkan darahnya,” ucap Rina. (Pakesit)***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *