Gemamitra.com
Walikota Tasikmalaya Drs. H. Budi Budiman bersama jajaran tim Penyusun sistem akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Kota Tasikmalaya menghadiri undangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia (Kemenpan RB) dalam acara penyerahan hasil evaluasi SAKIP tahun 2018 yang dipusatkan di Trans Luxury Hotel Bandung, senin (28/1).

Berdasarkan prinsip kehati-hatian dan pengungkapan hal-hal penting bagi perbaikan manajemen kinerja instansi pemerintah yang dievaluasi Kemenpan RB serta saran perbaikan dari temuan Permasalahan atau temuan sementara hasil evaluasi (tentative finding) yang ditindak lanjuti oleh  Pemerintah Kota Tasikmalaya, maka Kota Tasikmalaya berhasil memperbaiki peringkat SAKIP Tahun 2018 dengan meraih Skala Nilai pada Kategori BB meningkat dari tahun sebelumnya yang baru meraih Skala Nilai pada kategori B.

Atas keberhasilan tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Drs. Syafruddin, M.Si menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Kota Tasikmalaya yang dalam hal ini diwakili dan diterima secara langsung oleh Walikota Tasikmalaya.

Data hasil evaluasi Sakip oleh Kemenpan RB, didapatkan bahwa dari  514 Pemerintah Kab/ Kota seluruh Indonesia, 9 Kab/Kota mendapat Skala Nilai pada Kategori A, Kategori BB diraih oleh 40 Kab/Kota termasuk Kota Tasikmalaya, Skala Nilai pada Kategori B diraih 185 Kab/Kota,  Skala Nilai pada Kategori CC diraih 162 Kab/Kota, Sementara Skala Nilai pada Kategori C diraih 97 Kab/Kota dan 5 Kab/Kota meraih Skala Nilai pada kategori D. Khusus untuk wilayah Jawa Barat dari 27 kab/kota yang mendapatkan skala nilai pada kategori A sebanyak 1 Kota, BB 4 Kab/kota, dan B diraih oleh 22 Kab/kota.

Dalam Sambutannya, MenpanRB mengapresiasi upaya dan perjuangan seluruh gubernur, bupati dan walikota dalam mewujudkan akuntabilitas kinerja di lingkungan pemerintahannya. “Arus perubahan dalam Tata kelola pemerintahan tidak bisa dibendung atau Dihentikan, ia akan terus mengaliri nadi pemerintahan. Oleh karenanya, kita harus segera berubah dan berbenah, Mari kuatkan sinergi dan optimisme untuk menjalankan Pemerintahan yang berorientasi pada hasil, sehingga Amanah rakyat melalui anggaran negara dapat Dimanfaatkan seluasnya untuk kemajuan bangsa.” tegasnya.

Sementara itu, Walikota Tasikmalaya menjelaskan bahwa penghargaan ini menunjukan efektivitas dan efisiensi program sudah semakin baik mengacu kepada RPJMD, Renstra masing-masing OPD dilingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya dan RKPD tahun berjalan.

“Kedepan harus semakin ditingkatkan ke Nilai A, berarti ukurannya tidak hanya kegiatan dan penyerapan anggaran saja terserap dengan baik tetapi terasa dampaknya terhadap pembangunan dan pelayanan publik dalam rangka kesejahteraan masyarakat dengan anggaran yang efektif, efisien dan akuntabel,” katanya.***

Sumber: Diskominfo Kota Tasikmalaya