Gema Mitra – Kota Tasikmalaya

Dalam rangkaian acara HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Tasikmalaya yang ke- 68, dilakasanakan Seminar Kebidanan dan Pelantikan Bidan Delima. Seminar ini mengusung tema “Bidan Melindungi Hak Kesehatan Reproduksi Melalui Pemberdayaan Perempuan dan Optimalisasi Pelayanan Kebidanan”, bertempat di Hotel Santika, Minggu (29/09/2019).

Hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S.IP, Plt Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kab Tasikmalaya dr. Faisal Soeprianto, M.Si, pengurus IBI, dan Para Bidan di Kab. Tasikmalaya, berlangsung meriah, lancar dan kondusif.

Dalam sambutannya Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mengatakan, bahwa Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Tasikmalaya sampai Agustus tahun 2019 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

Menurut Bupati, penurunan itu tidak terlepas dari peran besar para bidan sebagai provider terdepan dalam pelayanan kesehatan, ibu, bayi dan anak di Tasikmalaya.

Bupati berharap seminar dalam rangka HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Tasikmalaya yang ke- 68 ini dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan profesionalisme Bidan.

“Mudah-mudahan dapat menguatkan serta memantapkan IBI sebagai organisasi bidan yang andal, sehingga mampu bersinergi dengan pemerintah dalam menyelamatkan ibu, anak dan bayi baru lahir,” pungkasnya.

Hj. N. Elih Herlina, SKM, MHS Ketua IBI Kabupaten Tasikmalaya mengatakan, bahwa sekarang tantangan itu lebih banyak. Hal itu tentunya harus diimbangi dengan mempersiapkan semua anggota dengan peningkatan kapasitas, baik itu kompetensi mereka diketerampilan maupun dalam pengetahuan.

“Makanya salah satu agendanya yaitu dengan adanya seminar. Apalagi dengan sudah terbitnya undang-undang (UU) Kebidanan No. 4 Tahun 2019 sebagai salah satu prospek ke depan, tidak hanya bidan tetapi juga untuk masyarakat,” ujarnya. (Red)***