Gema Mitra – Kab. Ciamis
Ikatan/ Simpul Lingkar Daulat Malaya Tasikmalaya mengadakan kegiatan workshop tentang Optimalisasi Anatomi Organisme Lingkar Daulat Malaya. Acara hasil kerjasama dengan Sakola Motekar tersebut diselenggarakan di Saung Kaulinan Barudak Cibunar, Sadananya, Kab. Ciamis, Sabtu (10/08/19) pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai.

Ihsan Farhanuddin yang akrab disapa Ichun menyampaikan bahwa Lebih menitik beratkan tentang menggali potensi pada diri masing-masing individu, sehingga setelah dari pertemuan tersebut ke depannya dapat diaplikasikan ke lingkungannya masing-masing.

“Temanya kan optimalisasi anatomi organisme yang lebih menekankan pada optimistis akan diri masing-masing orang, yang dapat memberikan manfaat yang lebih untuk orang lain,” terang ichun.

Workshop yang berlangsung di alam terbuka itu diikuti 12 orang yang berasal dari Kudang Pasantren, Gobras Kota Tasikmalaya, Mangkubumi Kota Tasikmalaya, Kab. Ciamis, dan Cineam Kab. Tasikmalaya menjadikan sebagai Laboratorium yang memberikan ruang-ruang untuk berkarya lewat diskusi potensi dalam diri.

“Kegiatan ini
sebagai laboratorium memberikan ruang panggung untuk berkarya juga menemukan dirinya, potensinya yang sesuai kapasitas mereka, ketika dia mampu dan menawarkan diri kepada masyarakat,” tambah jamaah Maiyah asal Kota Tasik tersebut.

Ichun berharap bisa terus menerus berupaya secara mandiri untuk bisa menjadi manusia yang seharusnya.

“Kalau harapannya sih simpelnya untuk teman-teman simpul khususnya, kita semua harus terus-terusan berupaya secara kemandirian serta kesadaran, untuk menjadi manusia yang seharusnya, di setiap peluang dan dimensi waktu menjadi manusia yang seharusnya, sebagai peran yang seharusnya peran dalam kehidupan kita,” pungkas ichun Kepada Gema Mitra.
(M. Rizky Arbianto)***