Gema Mitra – Kab. Tasik
Kegiatan Stakeholder Meeting Kabupaten Tasikmalaya dengan tema “Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial” yang bertempat di Ruang Rapat Bupati Tasikmalaya, baru saja dibuka oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Drs. Iin Aminudin, M.Si, Rabu (07/08/2019). Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Tasikmalaya.

“Kita harus memanfaatkan perpustakaan semaksimal mungkin serta perpustakaan senantiasa harus menyeseuaikan dengan dunia yang serba digital yang telah merambah kehidupan kita sehari-hari,” terangnya Penjabat Sekda Kab. Tasikmalaya dalam sambutannya.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Tasikmalaya Drs. Rahayu Jamiat Abdullah, S.Sos., M.Si dalam paparannya menyampaikan, perpustakaan dan arsip merupakan sarana untuk membangun peradaban.

“Program literasi bagi masyarakat penting untuk membangun self esteem dan empowerment. Perpustakaan adalah pintu dunia, dengan buku kita membangun peradaban. Perpustakaan dan arsip harus menjadi sesuatu yang sangat penting bagi kita semua demi peradaban kita yang lebih baik,” tegas Rahayu.

Rahayu melanjutkan, tujuan program transformasi perpustakaan umum berbasis inklusi sosial memberikan banyak manfaat, terutama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan kemampuan literasi.

“Perpustakaan umum berbasis inklusi sosial berguna untuk membangun sinergitas antar stakeholder bidang perpustakaan. Selanjutnya dapat memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan kemampuan literasi yang meningkatkan kreativitas masyarakat dan mengurangi kemiskinan akses informasi di kabupaten Tasikmalaya,” tambahnya di hadapan para peserta stakeholder meeting yang turut hadir. (elhida)