Gemamitra.com – Kab. Tasikmalaya

Meski baru lima bulan menempati tempat barunya sebagai Camat di Kecamatan Salawu, namun bagi seorang Herman Dahlan S.IP keakraban dan kedekatan dengan masyarakatnya seakan sudah puluhan tahun dikenalnya.

Sosoknya yang bersahaja dan tidak pandang bulu, membuat masyarakat merasa dekat hingga menaruh kepercayaan besar untuk memajukan daerahnya. Berbagai program dan kegiatan di 2020 nanti, sudah di program dengan 12  kepala Desa yang ada di Kecamatan Salawu. Dari mulai penembokan saluran irigasi Garunggang hingga pembuatan rumah singgah.

“Ada 5 Desa yang membutuhkan pengairan untuk kolam dan area persawahan. Selain itu, melihat potensi wisata salah satunya Kampung Naga sangat menjanjikan, saya rasa perlu dibuatkan rumah singgah atau penginapan,” ungkap Herman.   

Lebih lanjut Herman menjelaskan, bahwa untuk pembuatan rumah singgah atau penginapan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan para Kepala Desa yang sumber dananya dari Bumdes.

“Jadi kita akan menganjurkan minimal dari satu Desa bisa membuat dua unit penginapan. Kalau dari 12 Desa masing-masing bisa membuat dua unit, maka akan terbangun 24 unit rumah penginapan,” terangnya.

Hal itu bertujuan, lanjut Herman, supaya bisa memberikan pelayanan yang baik kepada para wisatawan, karena kalau diperhatikan setiap orang yang berwisata ke daerah Tasikmalaya atau kampung Naga khususnya, mereka kesulitan mencari penginapan yang bernuansa sunda, dengan suguhan menu menu ala Sunda seperti, ubi rebus, singkong rebus, kacang rebus ditambah minuman bajigur dan lahang.

“Untuk pembangunan rumah singgah, Camat beserta para kepala Desa akan mencari lahan di daerah desa Neglasari Kecamatan Salawu. Mohon doa restu semoga dengan adanya program ini tempat wisata di Kabupaten Tasikmalaya semakin maju,” pungkasnya. (Akoh)***