Gema Mitra – Kota Tasik
Lembah Pustaka adalah nama Taman Baca Masyarakat yang di gagas para pemuda yang berada di Kampung Sudimara RW 08, Kel. Karikil, Kec. Mangkubumi, Kota Tasikmalaya.

Lembah Pustaka berfokus pada program-program untuk anak-anak atau generasi muda, dimana setiap Minggunya Lembah Pustaka mengadakan kegiatan bermain dan belajar untuk anak-anak yang dinamkan program “Rukun Tetangga”.

Setiap Minggu, mereka berkeliling ke Tiap RT dari RT 01 – RT 04, dalam rangka merangsang minat baca dengan mendekatkan buku kepada anak-anak.

Tak hanya itu, setiap bulan Lembah Pustaka juga mengadakan kegiatan panggung bulanan. Program tersebut bernama “Rukun Warga”.

Seperti yang dikatakan Presiden Lembah Pustaka Morsa Sambas bahwa, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin. Untuk bulan ini kebetulan bertepatan dengan momen “Munggahan”, jadi kami sepakat untuk panggung di bulan April ini mengusung tema “Panggung April Munggahan Rukun Warga”, yang dilaksankan di Sudimara RT/RW 04/08, Selasa 30/04/2019.

“Kami membuat panggung mungil sederhana, untuk para muda dalam rangka menjaga kecintaannya terhadap seni budaya yang di ekspresikan dalam panggung April”, ujar Morsa.

Lebih lanjut dikatakan, Lembah Pustaka juga memberi ruang ekspresi untuk anak-anak seperti menggambar, menulis, melukis, membuat kerajinan, membaca, membaca dongeng. Mereka diberi kebebasan untuk mengekspresikan dirinya sesuai keinginannya.

Ada sekitar 50 lebih anak-anak disini ikut serta dalam acara bulanan ini. Tak ketinggalan para orang tua mereka juga ikut menghadiri untuk melihat anak-anaknya belajar dan bermain. Acara ini juga dihadiri oleh Pelangi Langit Biru Duta Perpustakaan Jawa Barat.

“Melihat semangat mereka, kami juga semakin semangat untuk terus bergerak mencari apa-apa guna melengkapi kebutuhan untuk memfasilitasi ruang ekspresi anak-anak disini”, ungkapnya.

Selain itu, lanjut Morsa, dalam waktu dekat kami juga akan membuka program-program untuk kelas remaja, dengan mengadakan workshop-workshop, mengundang para pemateri yang ada Kota Tasikmalaya, untuk memberi wawasan kepada remaja disini. “Para remaja disini juga di beri ruang belajar bersama untuk mengelola TBM Lembah Pustaka”, katanya.

Sementara, Ujang Entos salah satu pengelola TBM Lembah Pustaka menambahkan, bahwa pada kesempatan ini juga, kami mengadakan pemotongan tumpeng, sebagai bentuk rasa syukur atas rampungnya pembangunan rumah buku yang kecil mungil ini sebagai sarana perpustakaan.

“Alhamdulillah kami mengadakan tasyakur binikmat dengan potong tumpeng yang dipelopori oleh warga masyarakat yang antusias mendukung pergerakan kami”, ungkapnya.

Adapun rangkaian acara yang digelar pada kesempatan ini diantaranya:

PANGGUNG APRIL 2019
Pukul : 13:00 s/d 17:30
-Melukis bersama
-Membuat kerajinan
-Kaulinan lembur
-Pemotongan Tumpeng
-Pembukaan Perpustakaan
-Bermain dan Ceria bersama
PAMERAN
– Karya Tulis
– Seni Rupa
– Kerajinan
– Alat-Alat Tradisional
PENTAS
Pukul 17:00 s/d 22:30
– Taria
– Baca Puisi
– Baca Dongeng
– Musikalisasi Puisi
-Karindingan
-Monolog

“Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar, aman dan kondusif. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya acara ini”, pungkas Entos. (Rara Hanacho)***