Gema Mitra – Kota Tasik
Di Kecamatan Cibeureum terdapat sembilan kelurahan dan semua kelurahan ini dilayani kesehatannya oleh puskesmas UPTD Cibeureum.

Dengan adanya Pengembangan UPTD Puskesmas Kersanagara yang dulunya puskesmas pembantu, diharapkan pelayanan kesehatan masyarakat lebih terjamin, karena UPTD Puskesmas Kersanagara berdekatan dengan empat kelurahan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Encu Darsiwa mengatakan, dengan adanya Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat ; Pusat Kesehatan Masyarakat sebagai salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama memiliki peranan penting dalam sistem kesehatan nasional.

Sekdiskes juga mengatakan, untuk meningkatkan aksesibilitas penyelenggaraan Pusat Kesehatan Masyarakat perlu ditata ulang. Keterjangkauan, dan kualitas pelayanan dalam rangka meningkatkan derajat masyarakat serta menyukseskan program jaminan sosial untuk meningkatkan kinerja pelayanan kesehatan pagawai akan diswift dengan pegawai puskesmas yang over load (Penuh) .

Dr. Titin Hajari selaku Kepala Puskesmas mengungkapkan bahwa dirinya ikut bangga dengan adanya UPTD Kersanagara bisa melayani masyarakat. Mengenai SDM sudah ada dari Pustu sedangkan sisanya disiapkan dari Dinas Kesehatan. (Muzaki)***