Gema Mitra – Kota Tasik
Bertempat di kawasan hutan lindung Urug Kawalu kota Tasikmalaya diadakan Launcing hutan edukasi ekoliterasi. Acara tersebut dihadiri Walikota Tasikmalaya, Unsur Forkopinda, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Kepala Dinas Pariwisata, Olahraga dan Budaya Kota Tasikmalaya, Ketua Padepokan Kampung salapan Kota Tasikmalaya Rektor Universitas Airlangga Surabaya, Lurah dan Camat Se Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Sabtu (23/03/2019).

Walikota Tasikmalaya Drs. H. Budi Budiman dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi dengan kegiatan acara Edukasi Ekoliterasi memberikan manfaat untuk memberikan edukasi tentang bagaimana menjaga lingkungan sekitar khususnya hutan yang berada di Kota Tasikmalaya. Dengan mengedukasi untuk selalu menjaga hutan akan menumbuhkan kepedulian terhadap hutan tidak tumbuh serta merta tetapi perlu dibina, dididik, ditumbuhkan terutama pada peserta didik sebagai generasi penerus bangsa ini dimasa yang akan mendatang. Penumbuhan kepedulian ini bisa dilakukan melalui berbagai upaya diantaranya dengan adanya pendidikan karakter yang berfungsi sebagai pembentuk dan pengembang potensi, perbaikan dan penguatan, penyaring (menyaring budaya bangsa lain yang tidak sesuai dengan nilai-nilai karakter budaya dan bangsa). Tujuan pendidikan karakter untuk mengembangkan potensi hati nurani peserta didik sebagai manusia dan warga negara yang memiliki karakter bangsa.

Walikota berharap dengan adanya hutan edukasi ekolitersi ini bisa memiliki spirit memiliki bagaimana mencintai lingkungan kepada setiap anak agar lingkungan kita terjaga dengan baik serta jangan sampai
anak-anak tidak tahu tentang bagaimana cara menjaga lingkungan dan menjaga hutan karena hutan merupakan sumber kehidupan. (Kesit/Diskominfo Pemerintah Kota Tasikmalaya)