Gema Mitra – Kota Tasik
Bertempat di halaman Kapolresta Kota Tasikmalaya Wali Kota Budi Budiman, Sekretaris Daerah Ivan Dicksan, Unsur Forkominda, Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Tokoh Masyarakat, dan Ulama menghadiri Apel Pagi terkait Konsolidasi Operasi Ketupat Lodaya 2019 dan Kesiapan Pengamanan Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Tahun 2019, Kamis 13/06/2019.

Berakhirnya operasi ketupat dilanjutkan dengan kesiapan keamanan sidang perselisihan hasil pemilihan umum. Acara yang dihadiri Kapolresta AKBP Febry K. Ma’ruf Dandim 0612 Letkol (Inf) Nur Ahmad itu, dimulai sejak pukul. 08.00 WIB dengan suasana mendung dan gerimis, tapi tidak mengurangi kekhusuan peserta apel yang terdiri dari Kapolsek se-Kota Tasikmalaya, Babinsa, PKS/ Polisi Keamanan Sekolah, dan lain sebagainya memenuhi lapangan depan Polresta tersebut yang dipimpin Dandim sebagai Inspektur Apel yang didampingi Kapolres.

Dandim 0612 Letkol (Inf) Nur Ahmad membacakan amanat Panglima Kodam III Siliwangi yang mana ia menyampaikan bahea menyikapi perkembangan situasi kamtibmas pasca pengumuman hasil pemilihan suara 2019 tingkat nasional yang telah menimbulkan pro dan kontra serta konflik sosial sehingga diperlukan persiapan pengamanan sidang perselisihan hasil pemilu 2019 yang mulai digelar 14 juni 2019 di Mahkamah Konstitusi.

“Khusus untuk Jawa Barat sebagai daerah penyangga Ibukota guna bekerjasama dalam memberikan himbauan massa tidak berangkat ke Jakarta sehingga proses sidang dapat berjalan aman, damai, dan tertib.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan pemberian penghargaan bagi personil TNI, Polri, dan masyarakat yang telah berprestasi dalam melaksanakan tugas dan mendukung kamtibmas khususnya dalam melaksanakan operasi ketupat lodaya 2019.

Demikian amanat Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Suwandono yang disampaikan oleh Dandim 0612 Letkol Inf Nur Ahmad saat apel sedang berlangsung di hadapan para tamu yang hadir.

Di akhir acara semua tamu undangan yang hadir secara bersama-sama membaca deklarasi menolak kerusuhan dalam sidang perselisihan pemilu tahun 2019 yang dikomandoi oleh Wali Kota Tasikmalaya dan diikuti jajaran-jajarannya secara serempak-kompak.

“Kami segenap aparatur pemerintahan dan organisasi kemasyarakatan Kota Tasikmalaya. Menolak segala bentuk kerusuhan dalam sidang perselisihan pemilu 2019” dibacakan pasca apel pagi yang dIrangkaikan halalbihalal di halaman Polres Kota Tasikmalaya tersebut.

Seperti yang dilangsir dari portal.tasikmalaya.go.id oleh Redaksi Gema Mitra di acara yang berlangsung lancar tersebut Walikota Budi Budiman mengatakan bahwa dengan apel ini pengamanan arus mudik turun 52% merupakan slasatu kesiap-siagaan petugas kepolisian kepada seluruh elemen masyarakat, Wali Kota Tasikmalaya berharap dengan masih adanya libur sekolah, Kepolisian tidak menjadi hambatan dalam menjalankan tugasnya untuk mengamankan arus lalu lintas. Dia juga mendukung pemerintah dengan adanya jalan tol yang akan menghubungkan Bandung, Tasikmalaya, sampai ke Cilacap.
(M. Rizky Arbianto)