Gemamitra.com – Kota Tasikmalaya

Masyarakat kampung Cisapi, Kelurahan Gunung Gede, Kecamatan Kawalu pada hari Sabtu pagi, tanggal 2 Mei 2020 dihebohkan dengan ditemukannya APD bekas yang dibuang di komplek pemakaman di samping krematorium Cisapi.

Diduga kuat, bahwa APD tersebuat dibuang usai acara pemakaman pada hari Senin malam, tanggal 27 April 2020.

APD tersebut ditemukan oleh beberapa pemuda yang kebetulan lewat saat berangkat kerja ke kebun. Dengan rasa cemas dan khawatir para pemuda tersebut langsung melaporkan hal itu kepada RT Cisapi, Wawan Setiawan, (36 th).

Saat diklarifikasi, Wawan membenarkan peristiwa itu. Bahkan Wawan sangat menyesalkan kejadian tersebut. Bagaimanapun APD yang dibuang itu telah memberi kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat kampung Cisapi.

“Pokoknya, hal itu jangan sampai terulang lagi. Jangan tambah lagi beban kami dengan persoalan-persoalan kecil tapi berdampak buruk bagi ketenangan kami.” Ujar Wawan kepada Gemamitra.com, Senin 3/05/2020.

Sementara itu tokoh masyarakat Gunung Gede, H. Ade Muharam (50 th) yang disepuhkan di sana, tampak cukup geram dan kecewa. Ditemui di kolamnya saat “marab” ikan, Ia mengatakan bahwa itu sebuah tindakan tidak terpuji dan tidak bertanggung jawab.

“Mestinya penanganan APD bekas itu, sudah menjadi satu kesatuan dari prosesi pemakaman, sehingga tidak dibuang sembarangan dan tidak ada lagi pihak yang dirugikan. Secara psikologis masayarakat Cisapi sangat terteror mentalnya.” Terang H. Ade.

Tapi untung berkat kesigapan RT, RW yang melaporkanya ke pihak terkait, sehingga APD bekas tersebut telah diselesaikan dan dibakar oleh BPBD Tasikmalaya pada Sabtu malam. (Yus)***