Gemamitra.com – Kab. Tasikmalaya

Hampir di semua wilayah tengah membicarakan masalah bantuan sosial (Bansos) yang di anggap tidak merata dan tidak mengenai sasaran yang tepat. Namun lain halnya dengan Desa Cikadongdong yang selalu berusaha keras agar bansos ini bisa dibagikan merata ke masyarakat terutama yang tidak tercatat dari data provinsi.

Sekretaris Desa (Sekdes) Cikadongdong Irpan D. Permana mengatakan bahwa di desa Cikadongdong ada ribuan warga yang mendapatkan bansos, namun tidak sedikit warga yang tidak kebagian bantuan itu. Pasalnya ada beberapa warga yang menerima double bantuan.

Lebih lanjut dikatakan, di desa Cikadongdong ada sekitar 1800 an Kepala Keluarga (KK). Yang mendapat bantuan sebanyak 1400 an KK. Untuk menghindari double bantuan pihak Desa melakukan koordinasi dengan RT/RW, baik itu bantuan dari Provinsi, Kemensos, Dana Desa, BLT Kabupaten maupun PKH.

“Kalau untuk warga yang mendapatkan bantuan double, akan di alihkan ke yang tidak kabagian, dengan kesadaran si penerima kemudian melaporkan kepada RT RW lalu menandatangani berita acara yang menjadi bahan laporan dari desa ke dinas sosial,” jelas Sekdes.

Demi menyalurkan bansos yang jujur dan adil pihaknya selalu minta di temani dari Babinsa juga Babinkamtibmas, terutama untuk penyaluran dari Dana Desa (DD) sebesar Rp. 600.000., pihak desa langsung menyalurkannya ke warga yang sangat membutuhkan.

“Alhamdulillah dengan kesadaran mereka pula, setiap mereka yang mendapatkan bantuan double, tanpa di perintahkanpun mereka sudah berinisiatif dan rela untuk menyerahkan kembali bantuan itu dan diberikan pada mereka yang tidak kebagian, ” pungkas Sekdes. (Akoh)***