Aplikasi IPangandaran Permudah Layanan Bagi Pembaca

Pangandaran – GM | Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pangandaran kini menyediakan layanan peminjaman buku bagi warga yang membutuhkan pinjaman buku ataupun bahan ajaran untuk belajar, kuliah maupun penelitian.

Bagi masyarakat yang ingin meminjam buku ke Perpustakaan Pangandaran bisa mengunjungi Perpus Daerah di Jalan Raya Cijulang-Pangandaran, tepatnya di Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran.

Read More

Adapun jumlah bahan bacaan yang tersedia di Perpustakaan Pangandaran sebanyak 20 ribu exemplar dan 7 ribu judul.

Untuk pemustaka yang akan berkunjung ke Perpustakaan Pangandaran cukup membawa KTP dan mendaftarkan diri sebagai anggota Perpustakaan. Sedangkan, untuk pemustaka yang akan meminjam harus sudah memiliki kartu perpustakaan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Pangandaran Dodi Djubardi mengatakan layanan perpustakaan daerah sudah beroperasi kembali untuk layanan tahun 2024.

Terbaru kami saat ini sudah memiliki 20 ribu exemplar buku yang siap untuk dibaca,” kata Dodi, Kamis (18/1/2024).

Menurutnya, pemustaka atau pengunjung bisa meminjam buku keluar perpustakaan atau membawa ke rumah dengan kurun waktu 1 minggu.

“Sementara setiap 1 orang hanya dapat meminjam 3 buku setiap meminjam dalam kurun waktu 1 minggu,” katanya.

Dodi mengatakan fasilitas yang sudah ada di Perpustakaan Pangandaran diantaranya, taman duduk, ruangan baca anak, ruang baca dewasa, taman bermain, warung kopi, ruang pemutaran film, aula, dan layar LCD informasi.

Kami juga saat ini sudah menyediakan aplikasi bahan bacaan online dengan nama aplikasi perpustakaan digital dengan nama IPangandaran.

“Aplikasi IPangandaran memuat sejumlah buku yang bisa dibaca di manapun, tanpa harus menggunakan pulsa atau kuota internet,” ujarnya.

Dodi menambahkan, Perpustakaan Pangandaran menyediakan layanan kunjungan untuk destinasi edukasi.

“Biasanya untuk kunjungan rombongan harus mengirim surat izin,” ucapnya.

Para pengunjung rombongan kata Dodi, bisa menyurati terlebih dahulu maksimal 1 minggu sebelumnya.

“Supaya kami bisa menyiapkan dan tidak bentrok dengan kunjungan lain,” ujarnya.

Saat ini jumlah kunjungan ke Perpustakaan Pangandaran mengalami peningkatan selama 2 tahun terakhir.

“Tahun 2022 kunjungan ke Perpus Pangandaran ada sebanyak 5.299 orang dan tahun 2023 ada sebanyak 10.159 orang,” katanya.

Menurutnya, peningkatan kunjungan ke Perpustakaan Pangandaran mengalami peningkatan sebesar 91,7 persen.

“Alhamdulillah meningkatkan hampir 91 persen. Artinya sudah banyak mengenal dan mengetahui adanya perpustakaan daerah,” tutupnya.

Sementara itu, Bunda Literasi Kabupaten Pangandaran Ida Nurlaela Wiradinata mengaku bangga karena Pangandaran telah memiliki gedung perpustakaan yang representatif, selain dari kebijakan pemerintah daerah juga bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Apalagi sekarang di perpustakaan sudah digital, melalui aplikasi IPangandaran, kita bisa membaca buku-buku yang sudah terdaftar melalui handphone android. Dan ini suatu kemajuan yang luar biasa,” ujar Ida saat menghadiri peresmian gedung perpustakaan oleh Bupati, Kamis 18/01/2023.

Lebih lanjut dikatakan, setiap tahun Bunda Literasi bersosialisasi dengan Duta Baca Pangandaran dimana setiap melaksanakan event di tingkat Jawa Barat, Pangandaran masuk di dua dan tiga besar.

“Tentu ini sangat luar biasa sekali, bahwa pemerintah daerah mau berempati tentang bagaimana fungsi dan manfaatnya perpustakaan ini. Gedungnya juga bagus, kebijakannya juga bagus dan minat bacanya juga sudah tinggi,” pungkasnya. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *