Gema Mitra – Kab. Tasik
Saka/ Satuan Karya Pramuka Wira Kartika adakan kemah bersama Kodim 0612 di Situ Sanghyang, Cibalanarik, Kabupaten Tasikmalaya mulai tanggal 14-16/06/19. Acara yang dikoordinir oleh semua Koramil-Koramil se-Kota/ Kabupaten itu diresmikan oleh Dandim 0612 Letkol Inf Nur Ahmad membuka kemah yang diikuti siswa/siswi SMA yang hadir dalam kesempatan tersebut

Saka Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu satuan karya pramuka yang bersifat Nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara. Di samping saka wira kartika, saka lainnya yang bersifat nasional seperti Saka Bhayangkara yang bekerjasama dengan Polri, Saka Bahari yang bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut, Saka Bakti Husada yang bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan, Saka Dirgantara yang bekerjasama dengan TNI Angkatan Udara, dan saka-saka lainnya yang bekerjasama dengan Kementrian/ Instansi-Instansi terkait.

Dalam daripada itu maksud saka tersebut dibentuk ialah sebagai wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Matra Darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai yang mempunyai 5 Krida diantaranya Mountainering, Bencana Alam, Navigasi Darat, Survival, dan Pioneering.

Merujuk dalam hal tersebut Kapten Inf Agus Heryanto selaku Pasiter Kodim 0612 menerangkan bahwa untuk acara Saka Wira Kartika ini memang sudah program dari Komando Atas, dimana dilaksanakan tiap semester jadi 1 tahun 2 kali pelaksanaannya juga berjenjang, mulai dari tahap Kwaran atau Tingkat Koramil/ tingkat kecamatan, baru setelah itu bertingkat ke Tingkat Kota, Kodim/ kabupaten”, paparnya kepada Gema Mitra dilokasi acara, Jumat 14/06/019.

Lebih lanjut dijelaskan, Setelah selesai baru menuju ke tingkat Provinsi/ Kodam yang nantinya pelaksanaannya di Jatinangor, Jawa Barat, terus lanjut ke Tingkat Nasional sampai ke Jakarta. Ini dilaksanakan sudah tiap tahun kita laksanakan melibatkan semua elemen yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten BPDB nya, Dinas Kesehatannya, ataupun dinas yang lain termasuk Pariwisata, itu makanya kita sengaja menyelenggarakannya di tempat Pariwisata memang selain untuk mengenalkan alam sekitar, juga kecintaan lingkungan, dan memperkenalkan wisata di sini juga, di Situ Sanghyang.

“Adapun materi-materi yang dilaksanakan dalam Saka Wira Kartika diberi nams 5 krida, termasuk diantaranya, Mountainering, Bencana Alam, Navigasi Darat, Survival, Pioneering”, kata Agus.

Namun, lanjut Agus, untuk tahun ini, semester pertama kita fokuskan di bencana alam dan kitapun sudah koordinasi dengan dinas BPBD Kota dan Kabupaten untuk memberikan materi, apa yang harus diketahui oleh para peserta Saka Wira Kartika ini. Kita juga melakukan kegiatan selama Bulan Ramadan, tetapi sifatnya cuma teori, teori pengenalan di kelas, kita mantapkan sehingga pas pelaksanaan sekarang ini itu prakteknya di lapangan. Tapi sebelumnya dilatihkan dulu di tiap-tiap Koramil, baru setelah itu dijadikan satu di Tingkat Kodim dan disamakan materinya sehingga tidak akan ada perbedaan materi, tetapi ketika sudah dijadikan satu maka sudah jadi satu pemikiran.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa dimanfaatkan sewaktu-waktu kalau ada bencana di wilayah Kota maupun Kabupaten, contohnya waktu itu ada bencana di Culamega, kita ikut terjun membantu karena kita punya binaan, Saka Pramuka Wira Kartika kita libatkan untuk membantu dan sekaligus mengevakuasi, membantu masyarakat dalam bidang konsumsi, pencarian dan lain sebagainya, sehingga sedikit demi sedikit kita bisa membantu untuk Pemerintah Daerah baik Kota maupun Kabupaten”, pungkas Kapten Inf Agus Heryanto. (M. Rizky Arbianto)***