Gemamitra – Kab. Tasikmalaya

Bertempat di Op Room Setda Kabupaten Tasikmalaya, Bupati H. Ade Sugianto, S.IP melantik 3 (tiga) orang Dewan Pengawas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya Periode 2019 – 2023.

Ke tiga orang tersebut yaitu Ir. Ika Dahlika, MP., sebagai Ketua, Dadih Abdul Hadi, S.H.,M.Sc., Sekretaris dan Hj. Dewi Ratnasari Astuti, SE., M.Si, sebagai anggota, Rabu (18/12/2019).

Hadir pada kesempatan tersebut Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Drs. Iin Aminudin, M.Si., Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan H. Heri Bimantoro Ruslan, S.H., M.M, Dirut PDAM Ir. Wawan Darmawan, Dirum M. Alie Imran, SE, Dirtek Didin Syahidin, ST para perwakilan SKPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya dan tamu undangan lainnya.

Ade Sugianto mengucapkan selamat kepada dewan pengawas yang telah dilantik serta berharap PDAM Tirtasukapura dapat memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat.

“Saya ucapkan selamat kepada para dewan pengawas PDAM, semoga amanah. Bekerjalah dengan ikhlas dan jadikanlah pekerjaan Anda sebagai ladang ibadah. Saya harap PDAM dapat berkontribusi terhadap Pemerintah Daerah dalam rangka pembangunan Kabupaten Tasikmalaya dan juga bisa memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat serta menjadi perusahaan yang membanggakan,” tegas Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, bahwa PDAM Tirta Sukapura Tasikmalaya harus tetap mengedepankan kualitas pelayanan. Sebagai aset dan perusahaan milik Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya, PDAM Tirta Sukapura pun diharapkan terus berinovasi sehingga berkembang di era persaingan dan globalisasi.

Bupati menegaskan, ketiga DP PDAM Tirta Sukapura yang baru dilantik harus menjalankan tugas dan bertanggungjawab lahir dan batin untuk kemajuan perusahaan daerah. DP merupakan amanah dan tugas yang harus dilaksanakan dengan baik dan benar untuk kemaslahatan masyarakat.

Dewan Pengawas punya peran sangat penting dalam upaya mendorong perusahaan semakin kuat dan sehat sehingga mampu berkontribusi positif ke pemerintah daerah.

“PDAM sudah diwakafkan untuk kita, maka jadikanlah ladang usaha dan ladang ibadah untuk melakukan inovasi dan terobosan baru dalam bentuk peningkatan pelayanan publik, diversifikasi usaha, memperluas jaringan distribusi sehingga bisa terus memberikan manfaat dan mensejahterakan karyawan maupun masyarakat,” papar Bupati.

Maka dari itu, lanjut Bupati, PDAM jangan mengutamakan profit oriented, tapi harus menjadi perusahaan kebanggaan daerah yang mengedepankan pelayanan publik, berpikir menyehatkan perusahaan, dan kesejahteraan karyawan. Setelah itu, baru bertanggungjawab pada kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Direktur Utama PDAM Tirta Sukapura Tasikmalaya, Ir. Wawan Darmawan mengharapkan, dewan pengawas dapat memberikan kontribusi positif dalam rangka pengembangan perusahaan kedepan sehingga lebih baik dan lebih prima. Terutama dalam pelayanan kepada masyarakat sehingga semakin dicintai dan dipercaya masyarakat.

Wawan menuturkan, bahwa ke depan pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan kinerja juga pelayanan yang diimbangi dengan meningkatnya kontribusi PAD dan kesejahteraan bagi karyawan.

“Kontribusi PDAM Tirta Sukapura terhadap PAD dan masalah kesejahteraan karyawan, sudah menjadi perhatian bersama dan kita upayakan terus naik. Tahun depan, kesejahteraan pegawai akan dinaikan 5 persen, begitu juga target PAD akan naik dari Rp2,7 miliar menjadi Rp3,5 miliar per tahun,” pungkas Wawan. (Tatang RA)***