Desa Kalijati Pangandaran Sambut Gembira Program Pamsimas

Pangandaran.gemamitra.com | Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) telah menjadi salah satu program andalan nasional (Pemerintah dan Pemerintah Daerah) untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan jumlah masyarakat yang berpenghasilan rendah di wilayah pedesaan, serta mengakses pelayanan air minum.

Selanjutnya meningkatkan penerapan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat sehingga akan meningkatkan kapasitas masyarakat dan kelembagaan lokal dalam penyelenggaraan layanan air bersih.

Seperti halnya di Desa Kalijati Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran yang saat ini tengah proses pembangunan Pamsimas yang berlokasi di Dusun Karanganyar berdekatan dengan sumber air. Adapun sumber anggaran dari APBN dengan jumlah Rp.338 juta lebih.

Ketua kelompok kerja masyarakat (KKM) Hendrik menyampaikan, kami selaku warga Kalijati sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih pada pemerintah terkait yang telah merealisasikan program Pamsimas ini.

“Alhamdulillah proses pengerjaan berjalan lancar. Program ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam mendapatkan air bersih, terlebih di musim kemarau yang sulit mendapatkan air,” ungkap Hendrik, Selasa 24/8/2021.

Dengan adanya pembangunan Pamsimas ini, lanjut Hendrik, kedepan masyarakat tidak kesulitan air lagi. “Harapan kami semoga program ini bisa berkelanjutan hingga seluruh warga dlDesa Kalijati bisa merasakan mendapatkan air bersih.” Pungkasnya. (Iyut K)***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *