DPRD Pangandaran Dukung Rencana Pembangunan Sport Center yang Representatif

Pangandaran.gemamitra.com | Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran Asep Noordin berusaha mendorong agar pembangunan sport center di Pangandaran bisa terwujud.

Hal itu dikarenakan sampai saat ini Kabupaten Pangandaran sebagai daerah paling bungsu di Jawa Barat belum memiliki pusat kegiatan olahraga yang representatif. 

Sport center Pangandaran hingga kini belum terwujud, bahkan sekedar stadion sepak bola yang memenuhi standar pertandingan resmi juga belum ada.

“Sport center Pangandaran perlu dibangun, Pangandaran sudah saatnya punya sarana olahraga yang representatif. Walaupun kita tak bisa menutup mata, jika melihat kondisi kemampuan anggaran daerah saat ini,” ungkap Asep Noordin.

Lebih lanjut Asep mengatakan, Sebagai daerah otonom baru, Pangandaran harus memprioritaskan dulu alokasi anggaran untuk membiayai sektor-sektor pembangunan yang memiliki urgensi tinggi bagi masyarakat.

“Ke depan harus punya sport center, walaupun sekarang kita harus bersabar dulu karena prioritas pembangunan mengarah kepada pemenuhan kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat,” ujarnya.

Akan tetapi, lanjutnya, penyusunan perencanaan pembangunan sport center saat ini sudah mulai dirancang. Rencananya akan dibangun di wilayah dataran yang tinggi atau bukan di wilayah pantai.

Pemilihan lokasi sport center yang jauh dari pantai ini bukan tanpa alasan. Isu terjadinya bencana megatrust di pantai selatan Jawa menjadi salah satu pertimbangan.

Maksudnya keberadaan sport center Pangandaran selain menjadi sarana kegiatan olahraga, juga memiliki fungsi lain menjadi tempat evakuasi atau lokasi pengungsian seandainya terjadi bencana.

Isu megatrust itu tentu tidak kita kehendaki, mudah-mudahan jangan sampai terjadi. Namun pemerintah harus mengambil langkah antisipasi, salah satunya dengan menyiapkan lokasi pengungsian atau tempat evakuasi.

“Pembangunan ini menurut saya memiliki dua fungsi, selain untuk kegiatan olahraga juga sebagai langkah mitigasi bencana,” pungkas Asep. ***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *