Gemamitra.com – Kota Tasikmalaya
Dampak ekonomi dari wabah Covid-19, ada sekitar 20 ribu Kepala Keluarga (KK) di Kota Tasikmalaya dipastikan akan menerima bantuan sebesar Rp 500 ribu dari Provinsi Jawa Barat.

Kepala Dinas Sosial Kota Tasikmalaya, Nana Rosadi menyebutkan, semua data
yang akan mendapatkan bantuan adalah mereka yang sudah terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Ada 20 ribu kuota untuk Kota Tasikmalaya.Tapi kita sepadankan dulu dengan di DTKS, karena dikhawatirkan ada double bantuan dengan yang sudah menerima PKH,”ujarnya, Senin (06/04/2020).

Nana menjelaskan sampai hari ini, dari 20 ribu kuota, baru masuk dari Dinas Indag dan Dinas Tenaga Kerja.Total dari 2 OPD itu, sebesar 13 ribu keluarga.

Sedangkan dari 10 Kecamatan, belum ada yang masuk.Jadi masih ada 7 ribu lagi data belum masuk.

“Tadi jemput bola ke Indag dan Naker, termasuk juga ke Kecamatan. Data itu, sudah harus masuk hari ini ke Provinsi. Sehingga kami tunggu data dari Kecamatan sampai pukul 16.00 WIB,” paparnya.

Adapun terkait pencairan bantuan tersebut, belum tahu.Karena itu tentunya merupakan kewenangannya berada di Provinsi.

“Bantuan per KTS itu, berupa non tunai Rp 350 ribu untuk sembako dan tunai Rp 150 ribu, rencananya akan dibagikan di Kantor Bulog. Sedangkan uang tersebut akan dilakukan di Kantor Pos,” terangnya.

Nana menghimbau kepada masyarakat supaya tenang. Karena saat ini, pihaknya sedang mendata. Sedangkan untuk antisipasi, kalau melebihi dari 20 ribu kuota, Pemkot Tasikmalaya akan mengelontorkan dana di luar bantuan dari Provinsi. (*)