Gema Mitra – Kota Tasikmalaya
Ratusan siswa-siswi Sekolah Dasar se-Kota Tasikmalaya mengikuti Festival Literasi bertempat di lantai dasar Asia Plaza pada hari Selasa (11/12/2018).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Kota Tasikmalaya Drs H Undang Hendiana.

Yeyen Marhaenia selaku Ketua penggerak literasi sekaligus ketua pelaksana acara mengatakan, kegiatan Festival Literasi ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya diadakan, alhamdulillah kegiatan ini disambut antusias oleh para siswa-siswi Sekolah Dasar se-Kota Tasikmalaya dibandingkan tahun sebelumnya.

“Sekitar 350 peserta yang mengikuti kegiatan ini, sebelumnya pada tanggal 6 dan 7 Desember yang lalu kami pun telah mengadakan penyeleksian Sekolah Dasar tingkat Kecamatan untuk dipilih 1 Sekolah Dasar terbaik untuk mengikuti lomba tingkat Kota Tasikmalaya. Tujuan kami mengadakan kegiatan ini untuk lebih memotivasi anak menggelorakan kembali gerakan Literasi di Kota Tasikmalaya. Literasi merupakan pembentukan karakter agar anak senang membaca dan meningkatkan kepercayaan dirinya,” ungkapnya.

Sementara itu Bode Riswandi salah satu juri dalam lomba tersebut mengatakan, kegiatan ini sangat bagus sebagai event untuk merangsang agar anak cakap dalam berbicara.

Selain itu, lanjut Bode, kegiatan kemarin sungguh sangat luar biasa. namun, akan menjadi tidak bernilai apapun seandainya tidak terjadi tindak lanjut dan estafet kesadaran untuk membangun itu.

“Kegiatan kemarin, baru percikan kecil yang harus didukung oleh semua kalangan. karena saya memandang, peserta (siswa SD) punya kemampuan imajinasi yang baik. dari Imajinasi inilah, bermula beragam ilmu pengetahuan”, ujarnya.

Dari hasil penjurian dalam Festival Literasi tahun 2018 menghasilkan 3 juara utama untuk kategori lomba presentasi cerita anak, Juara pertama diraih oleh Dian A dari SD Negeri Citapen Kecamatan Tawang, Juara kedua diraih Zahra dari SD Negeri Perumnas Cisalak Kecamatan Cipedes dan Juara ke tiga diraih Rafka dari SD Negeri Picung Remuk 1 Kecamatan Kawalu.

Untuk lomba Foto bercerita, Juara pertama diraih SD Negeri Sukamulya Kecamatan Bungursari, Juara dua diraih SDN Mangkubumi Kecamatan Mangkubumi, Juara ke tiga diraih SD Negeri Mugarsari Kecamatan Tamansari.

Untuk juara guru dalam foto bercerita, Juara pertama diraih Ema Astri M SDN Sukamulya, Juara dua diraih Hana Nurhasanah SDN Mangkubumi, Juara ke tiga diraih Resa Hadi Sucipto SDN Mugarsari, Juara ke empat diraih N Elis SDN Indihiang. (Kesit)