Gemamitra.com – Kota Tasikmalaya
Bertempat di SDN 1 Nagarasari Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya, telah dilaksanakan pembagian sembako bagi siswa-siswi yatim dampak Covid-19., Rabu 22/04/2020.

Acara yang bertajuk sekolah berbagi tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Kabid Pembinaan GTK, Pengawas, Ketua K3S Kecamatan Cipedes dan Komite.

Sebanyak 120 paket sembako hasil sumbangan dari para guru SDN 1 Nagarasari serta donatur yang memiliki hubungan emosional dengan sekolah turut andil dalam pelaksanaan bakti sosial tersebut.

Ketua Pelaksana Kegiatan Purnomo Saputro, M.Pd, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan replika dari santunan rutin yang dilaksanakan setiap hari Jumat di sekolah. Dimana para guru menyisihkan sebagian hartanya untuk diberikan kepada anak yatim yang ada di SDN 1 Nagarasari.

Namun, lanjutnya, dalam kondisi sekarang, tentunya tak hanya anak yatim yang memerlukan bantuan. Mengingat wabah covid-19 sudah menyerang perekonomian masyarakat.

“Untuk itu, kami para guru yang dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah sepakat mengadakan kegiatan ini yang alhamdulillah dibantu oleh donatur dari luar sehingga terlaksana dengan lancar dan kondusif,” terang Purnomo.

Kepala SDN 1 Nagarasari Cacih Resniasih, S.Pd, mengaku bangga dan bersyukur dengan adanya kegiatan ini. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru, warga sekolah serta donatur yang telah menyisihkan sebagain rezeki nya untuk membantu sesama yang membutuhkan.

“Syukur alhamdulillah kegiatan ini bisa terlaksana, mudah-mudahan menjadi awal yang baik dalam rangka turut serta memberikan kontribusi kepada sesama, ditengah wabah Covid-19 yang semakin meresahkan” ungkapnya.

Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD Kecamatan Cipedes Aep Saeful Husna, S.Pd., M.Pd, mengaku bahagia dan sangat mengapresiasi kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh SDN 1 Nagarasari.

Dia berharap, kegiatan peduli sosial ini bisa menjadi inspirasi bagi sekolah lain khususnya yang ada di Kecamatan Cipedes, sehingga akan lebih banyak lagi bantuan yang tersalurkan kepada yang membutuhkan.

“Sekolah ini menjadi pelopor peduli sosial dampak dari virus Corona Covid-19. Untuk itu saya pribadi mengucapkan terima kasih kepada para guru SDN 1 Nagarasari. Semoga menjadi amal ladang ibadah,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Tasikmalaya, H. Budiaman Sanusi, mengatakan bahwa pihaknya sangat menghargai, mengapresiasi dan berterimakasih, karena dari awal wabah ini pihaknya sudah menghimbau kepada rekan-rekan kepala sekolah, guru jajaran Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tasikmalaya untuk peduli kepada sesama. “Jadi buktikanlah”, ungkapnya.

Karena, lanjutnya, ini merupakan bentuk kepedulian khususnya keluarga besar Disdik kepada sesama disaat wabah yang berdampak pada perekonomian.

Banyak sodara-sodara kita yang tadinya punya pekerjaan jadi tidak punya pekerjaan, yang tadinya tidak miskin menjadi miskin, dan ini tanggung jawab yang mampu seperti kita ASN, yang berpenghasilan tetap tidak terlalu berpengaruh.

“Maka marilah sedikit kita sisihkan rejeki untuk membantu sodara kita yang terkena dampak secara ekonomi,” ujarnya.

Ke depan, Budiaman menuturkan, Insyaallah rencananya dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei mendatang, kami sudah menghimbau kepada seluruh jajaran, bahwa kita akan mengadakan kegiatan bakti sosial.

Karena menurutnya, “selama wabah ini berlangsung kita harus peduli terhadap sesama yang tidak menguntungkan secara ekonomi,” pungkasnya. (Tatang RA/Akoh)***