Gema Mitra – Kab. Tasik
Warga Kampung Sindangsono Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya yang tergolong dalam Forum Raksa Lembur tengah bergembira dalam merayakan hari ulang tahun “Raksa Lembur” yang kesatu pada hari Kamis, 22/08/2019 pagi tadi.

Acara yang di hadiri Aam Rahmat Kabid LH, Sobari Camat Cigalontang, Kepala Desa Cigalontang, Rw, Rt, Ketua Harian Umum Kompas Jabar, Pimpinan Yayasan Bale Asih, Ketua Raksa Lembur, Pramuka Saka Kalpataru dan seluruh warga masyarakat Sindangsono sehingga acara berjalan aman tertib dan lancar.

Dalam sambutannya baik Camat Cigalontang maupun dari Dinas lingkungan hidup sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini, menurutnya ini adalah salah satu Kampung yang patut diacungi jempol dan dijadikan contoh untuk Kampung lainnya.

“Forum seperti ini jarang sekali kita jumpai dimasa sekarang ini, ini merupakan suatau gagasan yang bagus apalagi melibatkan masyarakat setempat, jadi untuk memelihara lingkungan bisa dilakukan kapanpun, dan kedepanya saya beserta rekan aktifis lingkungan akan merencanakan pembersihan sungai Ciulan. Jadi untuk start kita memulai aja dulu dari sungai Cigelem ini,” papar Aam Rahmat Kabid LH.

Sementara itu ketua Forum Raksa Lembur Ustad Tazaka atau ustad Aka menjelaskan bahwa acara ini diadakan dalam rangka ulang tahun Raksa Lembur yang ke-1 yang mana selama satu tahun ini pengurus ataupun warganya masih tetap bersemangat dalam menjaga lingkungan nya.

“Syukur Alhamdulilah kami ucapkan terutama pada warga Sindangsono yang masih setia dengan Raksa Lemburnya. Ini merupakan awal pergerakan dari Raksa Lembur, karena Alhamdulilah sudah ada 8 Kecamatan yang sudah siap bergabung dengan Raksa Lembur, dan insyaallah kami beserta rekan yang lain akan membuat gerakan yang lebih besar lagi yaitu membersihkan sungai Ciulan dari sampah. Karena kalau bukan kita siapa lagi dan sesuai dengan tema kita yaitu “Kita jaga alam dan alam jaga kita,” jelasnya.

Setelah semua warga dan aktivis lingkungan membersihkan sungai Cigelem dan lingkungan sekitar, maka secara bersama-sama menabur puluhan kilogram benih ikan ke sungai Cigelem dengan maksud agar air sungai bisa terjaga kebersihan dan semua warga punya rasa memiliki. (N’coz)