IKM Sebagai Langkah Awal Transformasi Pendidikan

Kurikulum merdeka belajar merupakan suatu pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat anak, dimana anak dibebaskan untuk mengembangkan bakat dan minatnya masing-masing sesuai dengan prinsip anak tersebut.

Pada era global ini implementasi kurikulum merdeka sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan pembelajaran. Sebagai pendidik tugas kita yaitu meningkatkan bakat dan minat anak melalui stimulus dan metode yang tepat.

Read More

Ki Hajar Dewantara dalam paparannya menuturkan bahwa belajar merdeka itu berarti merdeka atas diri sendiri, minat bakat siswa harus merdeka untuk berkembang seluas mungkin dengan harapan bangsa ini tidak digerus oleh perkembangan zaman.

Seperti hal nya sudah dipaparkan diatas bahwa merdeka belajar yaitu suatu pembelajaran yang mengacu pada bakat dan minat anak sehingga diharapkan pembelajaran dikelas akan lebih hidup serta variatif sesuai perkembangan imaginasi masing-masing anak, maka dari itu merdeka belajar sangat penting untuk di implementasikan di sekolah-sekolah terutama di SDN Sukarindik.

Banyak manfaat yang dirasakan dengan diimplementasikannya merdeka belajar ini, diantaranya selain sebagai terobosan baru pada kurikulum, yang paling krusial yaitu kebebasan anak dalam menentukan gaya belajarnya sihingga bakat serta minat anak berkembang sebagaimana mestinya.

Melalui metode serta stimulus yang tepat, merdeka belajar ini akan berhasil jika daya pendukung menunjang. Selain itu faktor pendidik salah satu penentu keberhasilan merdeka belajar, yang mana para pendidik di SDN Sukarindik harus meningkatkan kualitas diri serta kompetensinya masing-masing. ***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *