Gema Mitra – Kab. Tasik
Gala Siswa Indonesia Merupakan wadah bagi siswa untuk mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui olahraga yang dikembangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Bertempat di Lapangan Sepakbola Pojok Dedes, Cikunir, Singaparna, Ajang tahunan Gala Siswa Indonesia Kab. Tasikmalaya sukses digelar, dengan mengusung tema “Kobarkan Semangatmu!”. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, Rabu s.d Kamis, 3 April s.d 4 April 2019.

Ketua pelaksana GSI SMP Kab. Tasikmalaya Arif Lukman S.Pd mengatakan, Saya sangat senang dengan adanya kegiatan Gala Siswa Indonesia, karena kegiatan Gala Siswa ini memberikan pengalaman dan sebagai ajang bagi siswa untuk mengembangkan bakatnya dibidang sepak bola sehingga kami sangat mendukung sekali dan kami sangat bangga. “Kegiatan ini bertujuan melatih minat dan bakat para siswa dalam bidang sepak bola, melalui sepakbola ini bisa meningkatkan mutu akademis siswa, mempersatukan seluruh siswa yang ada khususnya di Kab. Tasikmalaya supaya terjalin silaturahmi yang erat, dan juga sebagai pembentukan karakter siswa dengan jiwa sportif.” Ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan kemudian bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan di dukung oleh MKKS SMP Kab. Tasikmalaya, dan MGMP PJOK Kab. Tasikmalaya .

Alt

“Kegiatan GSI dikabupaten itu melalui 2 tahapan, yang pertama pertandingan yang dilaksanakan di tiap wilayah terlebih dahulu jumlah peserta terdiri dari 39 kecamatan, kemudian dilanjutkan di kabupaten dengan mewakili wilayahnya di kabupaten, terdiri dari 7 Tim.” Jelasnya.

Semoga melalui kegiatan ini bisa menghasilkan atlet sepak bola yang bagus dan juga handal sehingga bisa mendongkrak prestasi sepak bola di kabupaten tasikmalaya dalam menuju Tasik Juara. Harapnya.

Sementara, Panitia Sekretaris Idas Mukodas, S.Pd mengatakan, Ini merupakan tahun kedua kami melaksanakan kegiatan Gala Siswa Indonesia di Kab. Tasikmalaya. Saya optimis tahun ini kabupaten tasikmalaya akan lebih berbicara di provinsi. Karena untuk sampai ketingkat Kabupaten saja anak-anak itu harus melalui tiga seleksi yaitu seleksi tingkat sekolah, seleksi tingkat kecamatan, dan seleksi tingkat wilayah. “Untuk GSI tahun 2019 ini alhamdulillah lebih baik daripada tahun sebelumnya, bahkan kita dijadikan referensi oleh teman-teman yang ada di kota dan kabupaten yang lainya terutama Kota Bogor itu melihat referensinya dari Kab. Tasikmalaya”. Ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, Olahraga itu adalah alat untuk dakwah jadi kalau ustad itu dakwahnya dengan ceramah kalau olahraga itu dengan event-event seperti ini. “karena, para anak muda itu mereka mempunyai energi yang sangat besar, sehingga mereka membutuhkan wadah untuk menyalurkan energi tersebut, maka kita berusaha mewadahi energi mereka melalui kompetisi ini sehingga mereka bisa menyalurkan energi mereka yang sangat besar di usia mereka saat ini.

Adapun hasil juara dalam Kegiatan Gala Siswa Indonesia Kab. Tasik adalah, Juara 1 Wilayah Singaparna, Juara 2 Wilayah Karangnunggal, Juara 3 Wilayah Cikatomas dan Wilayah Ciawi

Alt

“Selamat kepada para juara, terus tingkatkan dan pertahankan, semoga berkah dan bermanfaat, mudah-mudahan ini menjadi suatu pintu gerbang untuk kalian nanti dalam mencapai level yang lebih tinggi lagi nantinya setelah dikabupaten kamu bisa masuk ke Provinsi, dari Provinsi kamu bisa masuk ke Nasional, atau bahkan nanti seperti tahun kemarin bisa berkesempatan mengikuti uji tanding ke Internasional. Kepada yang belum meraih juara jangan berkecil hati, terus berjuang, banyak cara dan bahkan selalu ada cara untuk meraih apa yang kita tuju, tetap semangat, harus selalu percaya dan tetap mengobarkan semangat yang ada dalam diri kita.” Pungkas Idas. (Rara Hanacho).