Gemamitra.com
Masa liburan jelang akhir tahun, dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata. Para wisatawan berbondong-bondong menuju pantai, gunung, sungai dan tempat wisata lainnya, seperti objek wisata Kampung Naga yang berada di Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya.

Kampung yang terkenal dengan nilai tradisi dan rumah adatnya itu di serbu ribuan pengunjung, baik dari dalam maupun luar Tasikmalaya.

Kampung Naga adalah salah satu kampung tradisional yang masih memegang teguh adat istiadat. Hal itu bisa dilihat dari bentuk rumah panggung tanpa penerangan listrik, lingkungan alamiah serta keakraban antar warganya yang kental akan nilai kekeluargaan. Maka tak heran banyak pengunjung yang datang setiap harinya sekedar untuk bercengkrama bersama sanak saudara, botram menikmati suasana alam warisan nenek moyang.

Darmawan salah seorang warga setempat sekaligus lokal guide mengatakan, selama musim liburan tempat wisata ini ramai di kunjungi wisatawan lokal. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, sampai saat ini tidak menunjukan peningkatan yang signifikan.

“Hanya pengunjung domestik saja yang banyak, namun bule nya masih sepi, mungkin lagi pada merayakan natal”, ungkapnya.

Sementara, salah seorang pengunjung Eko (35) warga Bandung menuturkan, ia bersama keluarganya sengaja memilih wisata ke Kampung Naga supaya ada nilai edukasinya, dimana pendidikan tentang sejarah Sunda jaman dulu sangat terasa sekali disini. Disamping itu, lanjut Eko, kita juga bisa berolahraga dengan menaiki ratusan anak tangga yang ada disini sambil menikmati alam dengan udaranya yang segar.

“Saya jadi tahu rumah adat yang sebenarnya, sungguh indah deretan rumah di Kampung Naga ini, bentuknya sama apalagi atapnya yang terbuat dari injuk, jadinya adem”, katanya. (Akoh)