Gemamitra.com – Kota Tasikmalaya
Terpanggil untuk ikut memberikan perhatian terhadap sesama, Karang Taruna Kelurahan Tanjung, Kec. Kawalu dengan sigap menyingsingkan lengan baju, turut serta membantu beban kehidupan para jompo yang ada di Kelurahan Tanjung.

Gagasan tersebut terpicu karena adanya pandemi corona yang berdampak pada berbagai asfek kehidupan, terutama kesehatan dan perekonomian.

Tersumbatnya rotasi keuangan dan barang di masyarakat, akibat terkuncinya pintu komunikasi antar personal dan aktifitas pasar. Akibat ini paling berat dirasakan terutama oleh para jompo yang tidak lagi produktif.

“Ini bukan semata-mata soal kepedulian saja terhadap persoalan hidup manusia, yang nota bene sudah menjadi kewajiban siapapun. Tapi yang urgen bagi kami, adalah merubah paradigma serta budaya Karang Taruna yang selama ini identik dengan Agustusan. Persoalan inilah yang mesti menjadi prioritas Karang Taruna sebagai organisasi sosial.” Papar Angga, yang selain ketua Karang Taruna, ia adalah pengusaha bordir yang sukses.

Berangkat dari pemikiran inilah, Angga alias Abem menggerakkan seluruh anggotanya untuk beraksi dan peduli. Hanya dengan bermodal uang kas Karang Taruna, sebesar Rp. 800.000,- mulailah menghimpun bantuan.

Bantuan itu datang dari anggota Karang Taruna sendiri, dan dari pengusaha. Ada sumbangan berupa uang, gabah, juga telur ayam. Maka terkumpulah sumbangan tersebut, jika berupa uang sekitar Rp. 3. 500. 000,- dan disulap menjadi 70 paket sembako senilai Rp. 50.000 per paket.

Adapun isi dari setiap paketnya, beras 2 kg, telur ayam 1/2 kg, Mie instan 4 bungkus, dan minyak sayur 400 gr.

Paket sebanyak itu disumbangkan kepada para jompo, terutama yang kurang sejahtera di wilayah Kelurahan Tanjung sebanyak 8 RW.

Kemarin, Selasa 19/5/2020 sebanyak 25 paket telah diberikan di RW 7dan RW 8. Dan hari ini Rabu, tanggal 20/5/2020 akan dibagikan sekaligus di semua RW yang tersisa.

Dari momen ini, Angga berharap mampu memberikan sebuah manpaat bagi kehidupan. Dengan bermodalkan semangat, dengan jargon, “Segini Juga Uyuhan”, Angga berharap tiap tahun mampu memberikan yang terbaik kepada masyarakat, sehingga masyarakat merasakan bahwa kami ada. (Yus)***