Gemamitra.com

Jumat, 30/3/2019 Madrasah Barkatul Huda yang berlokasi di kampung Pasarkolot Desa/Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut telah menggelar Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Alt

Madrasah Barkatul Huda yang di bawah pimpinan Ust. Dadang Sobirin ini membawa misi “semangat Isra Mi’raj sangat perlu untuk di gelorakan kepada semua orang islam di mana sekarang ini dunia yang sedang bergerak dengan cepat dan seolah tanpa arah.” Tuturnya.

Tambahnya lagi, hedonisme sebagai dampak dari modernisasi telah merambah kesemua kalangan termasuk umat islam.”

Dampak dari semua ini, semakin hari semakin terasa ke arah negatif dan dirasa degradasi moral semakin nampak setiap waktu di kelopak mata kita.

Tentunya ini perlu kontrol dari semua lapisan masyarakat lintas profesi terutama untuk umat islam.

Khususnya untuk generasi penerus bangsa mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, dan warga sekitar harus menjadi garda terdepan dalam menangkal hal-hal yang dirasa mampu memporak porandakan keimanan setiap umat islam.

Salah satunya dengan terus melestarikan sejarah yang amat sangat besar, baik untuk umat islam maupun umat-umat lain di luar islam di berbagai belahan dunia yaitu Isra Mi’raj Rasulullah yang telah membuahkan beragam makna bagi setiap orang terutama umat Islam yang masih memfungsikan akal sehatnya.

Salah satu inisiasi yang digagas oleh Madrasah Barkatul Huda dalam pagelaran Isra Mi’raj ini dibungkus dengan imtihan santri dan santriyah Barkatul Huda.

Kemasan dari pagelaran ini bertujuan untuk mengasah dan mengolah hasil cipta, rasa dan karsa pendidikan keagamaan yang sudah berlangsung. Ketebalan iman yang d sandingkan dengan kemampuan untuk menampilkan mental dan membentuk karakter ini menyuguhkan tampilan dari 145 santri santriyah Barkatul Huda. Di mana 95 santri santriyah yang berada dibangku kelas VI ke bawah dan 50 orang dari kalangan remaja. Pagelaran ini mulai dari cipta baca puisi, pidato, pencak silat, petuah-petuah, dan lantunan sholawat yang diiringi marawis. Semua tampilan ini penuh dengan pesan-pesan yang tersurat.

Tentunya pagelaran Isra Mi’raj ini di sambut dengan sangat meriah oleh seluruh santri dan santriyah termasuk warga sekitar serta tokoh-tokoh masyarakat karena telah mampu menghidupkan syiar islam sekaligus mampu membentuk mental karakter generasi yang religius dan memegang teguh kearifan lokal.

*semoga*

Penulis : Ibud