Gemamitra.com – Pangandaran
Setelah Kabupaten Purwakarta, Garut dan Karawang, Kabupaten Pangandaran termasuk calon penerima Penghargaan Pembangunan Daerah Kategori kabupaten/kota Tahun 2020.

Keberhasilan tersebut, menurut Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, menjadi kebanggaan bahwa pembangunan yang sedang dilakukan di Kabupaten Pangandaran mendapat apresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Prestasi ini bukan soal penghargaannya, tapi soal keberhasilan pembangunan Kabupaten Pangandaran yang mulai jadi hitungan dan sejajar dengan kabupaten kota lainnya di Jawa Barat,” ungkap Bupati Jeje, usai menghadiri Rakercab APDESI Kabupaten Pangandaran bertempat di Grand Mutiara Hotel Pangandaran, Rabu (12/2/2020).

Jeje menuturkan hasil penilaian tahap 2 ini akan ditentukan Juara 1, 2, 3 dan 4. Nah juara satu akan mendapat Dana Insentif Daerah (DID) sebesar 10 miliar.

Menurut Jeje, minimal kalau rangking 4 sudah pasti, tapi tujuan utamanya bukan penghargaan. “Meskipun demikian tentu hal itu akan menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik membangun Pangandaran,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut Jeje, laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pangandaran diangka 5,4 %. “Memang masih dibawah Jabar, tapi informasi terbaru berkat daya ungkit dari sektor wisata angkanya naik hingga hampir mencapai 6%, tertinggi di Jawa Barat,” paparnya.

Dengan demikian, kata Jeje, dengan meningkatnya laju pertumbuhan ekonomi itu berarti peluang kerja juga meningkat.

Saat ini lanjut Jeje, bersama BPS sedang melakukan survei berapa uang yang dibelanjakan dan berapa uang dibawa keluar. Apakah masih batas yang wajar atau tidak.

“Kalau sudah tidak wajar tentu diperlukan langkah-langkah untuk mengatasinya karena berhubungan dengan daya beli,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, pertumbuhan Indek Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Pangandaran juga terus meningkat.

“Pada awalnya pertumbuhannya 1,2 per tahun. Kita harapkan pada 2019 sudah 1,5, sehingga bisa diatas Jawa Barat,” pungkas Jeje (Red)***