Gema Mitra – Kota Tasik
Setelah menjalani puasa di bulan ramadan dan libur lebaran, masyarakat khususnya ASN/ Aparatur Sipil Negara memasuki hari pertama kerja 10/6/19 yang diawali dengan melaksanakan Apel Gabungan bersama kalangan OPD, dan Eselon 1, Eselon, 2, Eselon 3, Eselon 4, sekitar 07.30 WIB yang selesai sekitar pukul 08.00 WIB yang diakhiri musafahah dibersama di teras Bale Kota Tasikmalaya yang diikuti oleh Walikota Tasikmalaya Budi Budiman, Wakil Walikota M. Yusuf, Sekretaris Daerah Ivan Dicksan, juga tak ketinggalan pula Kepala Dinas-Kepala Dinas Kota Tasikmalaya beserta jajarannya Lalu diakhiri dengan makan bersama.

Di sela-sela kegiatan musafahah tersebut Dedi Tarhedi Kepala Bidang Penperpu Pol-PP dan Damkar Kota Tasikmalaya menanggapi kegiatan pagi itu “acara halal bihalal seperti ini sebetulnya sudah rutin setiap tahun, dari jaman walikota pertama sampai hari ini. Walaupun sebetulnya walikota itu setelah sholat Ied di Masjid Agung Walikota maupun Wakil Walikota selalu mengadakan Open House/ Temu Ramah Terbuka dan banyak juga rekan-rekan dan hari ini semua staff berkumpul/ guyub di sini saling bersalam-salaman. Harapannya ke depan ini harus dipertahankan karena ini sesuatu yang baik, baik dari sisi agama, dan di sisi lain disiplin karena melaksanakan apel yang sangat positif kegiatan seperti ini. Dan Alhamdullilah kalau staff-staff saya semua hadir, pasukan-pasukan saya semua pada hadir dan kawan-kawan juga karena semua sistem-sistemnya sudah dari pusat karena sudah dikoordinasikan hari ini harus hadir semuanya” Tanggap dedi saat diwawancarai ole Gema Mitra.

Sebelum dilakukannya musafahah dalam hal ini pada saat apel Budi Budiman mengatakan “ini setelah kita melaksanakan kewajiban sebagai umat islam yaitu berpuasa di Bulan Ramadan, kebaikan-kebaikan/ amal sholeh saat Bulan Ramadan tersebut harus kita jadikan momentum yang sangat baik untuk kita yang perlu digaris bawahi, di Bulan Ramadan tersebut adalah ketaatan kita, dan harus betul-betul dioptimalisasi daripada kualitas pelayanan kita kepada masyarakat Kota Tasikmalaya” tuturnya Budi kepada tamu yang hadir.

Memasuki hari pertama kerja Budi Budiman mengingatkan kepada jajaran-jajarannya untuk selalu disiplin terhadap waktu, khususnya absensi kehadiran dan kepulangan di setiap SKPD yang maksimal sampai jam 3 sore harus sudah dilaporkan. Bagaimana disiplin Aparatur Sipil Negara secara sungguh-sungguh dilakukan.

Di sela-sela setelah makan bersama staf-staf ASN yang merujuk pada ketidakhadiran ASN di Kota Tasikmalaya di hari pertama kerja, dalam tersebut disampaikan pula oleh Wakil Walikota Tasikmalaya M. Yusuf “itu sudah ada aturannya, dari Menpan bahwa hari ini semua harus hadir. Yang tidak hadir tanpa keterangan tanpa keterangan yang jelas mereka harus diberi sanksi sesuai dengan PP 53” ungkap M. Yusuf.

Lanjut M. Yusuf “dan kita, absen itu kita kirimkan. PP 53 kan terdiri dari Teguran Lisan, Teguran Tertulis, sampai sanksi yang paling berat. Yang harus digaris bawahi tanpa keterangan yang jelas ya seperti ada surat dokter, kalau tanpa keterangan kita harus kasih sanksi yang sudah diinstruksikan dari Menpan. Dan hari ini kita harus menyerahkan hasil absensi kita paling lambat jam 3 sore nanti” Tegas sekaligus pungkasnya kepada Rekan Redaksi. (M. Rizky Arbianto).