Gema Mitra – Kota Tasik
Redaksi Gema Mitra mendatangi Pos Pengamanan Linggajaya yang berlokasi di Bundaran Tugu H. Z. Mustofa Minggu, 09/06/19 untuk memantau keberlangsungan pemudik yang menuju dan melewati dari dan ke Tasikmalaya karena telah memasuki masa arus balik dikarenakan hari pertama kerja akan dimulai pada hari Senin, 10/6/19. Suasana saat itu ramai-lancar dan tidak terjadi gangguan atau hambatan dan banyak pengalihan-pengalihan jalan yang dimaksudkan untuk mencegah kemacetan panjang dan memakan waktu yang sangat lama.

Dalam hal ini Kapolsek Mangkubumi Ipda Pol Agus Predi yang turun langsung ke lapangan memberikan keterangan saat ditemui di pos linggajaya, Agus mengatakan “perlu untuk diketahui bahwa wilayah linggajaya ini dari mulai awal kegiatan cukup ramai-lancar dan terpantau sampai hari inipun arus masih tetap sama. Cuma bertambah, dikarenakan arus mudik yang berada di jalur Banjar menuju Tasik itu dialihkan Cimaragas, dan kemudian yang ada di Sindangkasih dialihkan ke arah Simpang Lima lalu masuk ke Jati-Indihiang, kemudian bergabung juga di Linggajaya dan Mangin.”terang Kapolsek.

Lanjut diceritakan Agus “namun Alhamdullilah berbeda dengan tahun yang lalu, kalau tahun yang lalu arah Singaparna itu memang cukup padat dan macet hingga ekor kemacetan tersebut sampai ke Linggajaya. Namun untuk tahun sekarang Alhamdullilah tidak begitu padat namun lancar” tutur Agus saat diwawancarai Redaksi.

Di setiap perjalanan pasti ada kecelakaan, namun untuk di Linggajaya sendiri tidak ada, dan titik kemacetan hanya ada terjadi di perlintasan-perlintasan pertigaan maupun perempatan yang berada di titik masuk di wilayah Kota.

Dalam daripada itu Agus menambahkan “kalau kecelakaan ada beberapa kecelakaan, namun ada paling muncul kecelakaan itu ketika di jalan Mangin, sebuah keluarga, antara motor dengan kendaraan. Tapi itu sudah ditangani oleh pihak Lalu Lintas kami, kalau arus balik sendiri masih tetap lancar. Kalau dibandingkan kecelakaan tahun lalu seimbang karena di untuk wilayah Linggajaya sendiri tidak terlalu rawan kecelakaan. Dan instruksi dari Kapolres Kota Tasikmalaya sendiri, kita selaku anak buah adalah seluruh Kapospam-kapospam di wilayah Kota Tasikmalaya harus siap siaga ketika ada operasi khusus, kalau sekarang kita operasi ketupat. Kita di sini juga siap siaga dan berkolaborasi dengan seluruh instansi terkait,. Di Linggajaya sendiri ada pos BPBD, PMI, rekan-rekan Setpom, dan dari kesehatan juga ada TMC. Dan mereka juga sangat berkontribusi banyak tentunya membantu pihak kami untuk kelancaran pengguna jalan.”pungkas Agus Predi.

Harapannya selama arus mudik tersebut Kapolsek Mangkubumi Ipda Pol. Agus Predi menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi himbauan-himbauan dari Pihak Kepolisian Republik Indonesia agar dipahami, karena memang kondisi jalan raya hampir semua kendaraan sangat padat.

Berdasarkan info dari Kapolsek Mangkubumi mengenai tingkat kejahatan selama Bulan Ramadan dibandingkan dengan tahun lalu, memasuki grafik yang menurun, karena titik kerawanan untuk Kecamatan Mangkubumi di sentral ramadan biasanya terjadi di Pasar Cikurubuk yang tidak terjadi hal-hal yang signifikan. Tapi ada beberapa kejadian terkait masalah copet dan lain sebagainya, tetapi itu bisa ditangani oleh pihak Polsek Mangkubumi. (M. Rizky. Arbianto)