Gema Mitra – Kab. Tasik

Salah satu kegiatan yang focus pada penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) yaitu melalui pembinaan kelas Ibu hamil yang Pelaksanaanya dilaksanakan setiap bulan minimal ada 1 etalase kelas ibu. Dalam kegiatan itu diharapkan para ibu hamil bisa memahami dan mengetahui kondisi kehamilannya, sehingga faktor resiko bisa terdeteksi sedini mungkin.

Saat ini Jumlah ibu hamil di desa Nanggerang Kecamatan Cigalontang ada 52 orang. Mereka dianjurkan untuk mengikuti kelas ibu dengan usia kandungan diatas 5 bulan. Satu kelas ibu hamil maksimal 10-15 ibu, dan diharapkan hadir bersama pasangannya. “Hal itu supaya mereka lebih saling memahami satu sama lain sehingga akan menimbulkan keharmonisan”, terang Ai Nurohmani, S.ST, M.Kes Penata Muda TK1/3b. Bidan ahli Pertama yang ditugaskan Sebagai Pembina Desa Nanggerang UPT Puskesmas Cigalontang kepada Gema Mitra, baru-baru ini.

Ai menuturkan, upaya dalam penurunan AKI dan AKB tentunya harus di dukung oleh semua pihak,  sehingga akan menciptakan masyarakat yang sehat, aman dan harmonis. Adapun kegiatan yang saat ini tengah digalakan yaitu materi tentang kehamilan, persalinan,nifas, bayi baru lahir, KB, tumbuh kembang anak ,imunisasi dan senam hamil.

“Diharapkan melalui kelas ibu ini pengetahuan ibu mengenai kehamilan ,persalinan, Nifas, lebih meningkat sehingga mereka para ibu bisa menjaga kesehatannya dengan baik selama kehamilan berikut pasangan dan keluarganya harus mengetahui resiko apa saja yang harus segera di tindak, jangan sampai “3T” terlambat  mengetahui, terlambat mengambilkeputusan dan terlambat penanganan akibat minimnya pengetahuan”, pungkas Ai. (Kesit)***