Gemamitra.com – Kab. Tasikmalaya

Diwan Masnawi salah seorang keluarga besar Cipasung baru saja melelang barang-barang penuh sejarah dan kenangan pemberian tokoh ulama Cipasung KH. M. Ilyas Ruhiat dan KH. Saiful Millah.

Dalam proses pelelangan, ia bekerjasama dengan organisasi Lembaga Pemerhati dan Konsultan Pengembangan Desa (Kadesa).

Proses lelang itu dilangsungkan Diwan melalui media sosial Facebook mulai Jumat (17/04/2020) hingga Senin (20/04/2020).

Dia melelang beberapa barang diantaranya Sorban, Jas, Dasi dan juga Sarung. Ia ingin membantu masyarakat juga tenaga medis korban wabah virus Corona yang ada dilingkungannya.

Semua barang itu sendiri punya nilai sejarah dan kenangan masing-masing buat Keluarga Cipasung. Sorban, misalnya, memiliki nilai historis sering di pakai oleh almarhum KH. Ilyas Ruhiat (Rais Aam NU 1994) baik pengajian maupun menghadiri undangan-undangan.

Jas yang dilelang pun merupakan Jas yang kerap di pakai oleh sang kiai kharismatik itu untuk menghadiri undangan resmi kenegaraan, begitu pun dasi serta barang yang lainnya.

“Sebelum dilelang, barang pemberian almarhum dirawat baik oleh putra sulungnya budayawan Acep Zamzam Noor,” papar Diwan.

Selama sekitar tiga hari, Diwan berhasil mengumpulkan uang jutaan rupiah dari hasil lelang yang kemudian langsung dibelikan sembako untuk dibagikan.

“Senangnya itu bisa bantu mereka yang lagi butuh. Semoga hasil lelang ini bermanfaat di saat seperti ini,” ungkap Diwan.

Selain dari hasil lelang, kegiatan ini disokong oleh donatur dari keluarga besar Cipasung. Mereka ikut menyumbang memberikan donasi.

Penyaluran bantuan berupa sembako yang dibagikan kepada 28 tenaga medis honorer di UPTD Puskesmas Tinewati dan 108 untuk warga masyarakat di sekitar kampung Cipasung.

“Untuk pembagiannya dilaksankan pada hari Kamis sebelum H-1 puasa di rumahnya, Cipasung,” Papar Diwan.

Diwan berharap, ke depan semoga kita bisa saling membantu, menolong sesama, rakyat membantu rakyat. Solidaritas kita tetap terjaga dan tetap bersama-sama bertahan hidup di era pandemi yang merongrong tidak hanya kesehatan tetapi juga ekonomi.

“Semoga kita kuat dan terus bertahan, di dalam gempuran pandemi ini semoga kita sama-sama solid dan terus berjuang untuk kebaikan bersama”, pungkas Diwan.

Sementara Kepala UPT Puskesmas Tineuwati Hj. Dais Nuronia mengaku bangga dan bersyukur serta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu.

“Ini merupakan penyemangat bagi kami sebagai petugas garda terdepan. Terima kasih sekali atas perhatian dan kepedulian semuanya yang telah memberikan sumbangan. Support untuk kami, juga do’a-do’a mereka adalah vitamin bagi kami,” ungkapnya.

Hj. Dais juga berharap, segala kebaikan yang telah diberikan kepada Puskesmas Tineuwati menjadi ladang amal dan semoga Alloh SWT membalas kebaikannya yang berlipat ganda.

“Alhamdulillah, terima kasih. Semoga wabah ini cepat berlalu dan ada hikmah yang lebih baik untuk semua, aamiin YRA,” ucapnya. (Rizki/Kesit)***

Penyerahan sembako kepada masyarakat terdampak pandemi covid -19 di lingkungan Cipasung.