Gema Mitra – Kota Tasik

Ada banyak cara dalam rangka menyambut hari kemerdekaan. Seperti Rumah Quran Al Kahfi yang berada di Bumi Kahuripan Blok D-4 Sindanggalih Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang kota Tasikmalaya.

Momentum hari kemerdekaan yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus ini dimanfaatkan dengan menggelar acara malam bina iman dan takwa (Mabit).

Acara yang di gagas oleh pasangan suami istri Riadi dan Wahyuni Rahmaningsih, S.Pd ini merupakan efek dari kegiatan magrib mengaji, yaitu acara pengajian rutin setiap hari setelah melaksanakan sholat magrib.

Sekitar 25 orang anak asuh mengikuti rangakain acara mulai dari pengajian, hafalan surat-surat pendek, hafalan hadist, permainan tebak hafalan surat dan kegiatan rohani lainnya.

“Alhamdulillah berkat dukungan dari orang tua, acara ini bisa terlaksana. Anak-anak sangat antusias mengikuti setiap rangkaian acara yang diadakan”, ungkap Riadi.

Menurutnya, meski sederhana dengan memanfaatkan lahan dan perabotan seadanya, kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat kemerdekaan yang telah diberikan kepada bangsa Indonesia. Di samping itu, mengajarkan sejak dini kepada anak-anak supaya mereka memiliki jiwa patriotisme, tenggang rasa dan saling menyayangi sesama teman.

Karena, lanjut Riadi, dengan adanya mabit ini, anak-anak dilatih untuk bisa mandiri menginap satu malam ditempat ia belajar mengaji yang kami beri nama “Rumah Pentas”.

“Berangkat dari keresahan kami selaku orang tua yang memiliki anak Muhammad Kahfi Lazuardi, bagaimana caranya supaya bisa mengaji, menghafal Quran dan hadist serta mendalami islam sejak dini, yang alhamdulillah diikuti oleh teman-temannya disini”, pungkasnya. (Kesit)***