Ratusan ODGJ di Kota Tasikmalaya Ikuti Perekaman KTP-El

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Gemamitra.com – Kota Tasikmalaya
Sebanyak 190 ODGJ (Orang dengan Gangguan Jiwa) mengikuti perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-El) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tasikmalaya, Kamis 16/7/2020.

“Perekaman tersebut dilakukan bertahap dan mengikuti protokol kesehatan,” ucap Dadang Heryadi Ketua sekaligus pendiri Yayasan Mentari Hati.

Dia menjelaskan, ODGJ yang saat ini dibinanya kebanyakan dari luar daerah. Mereka terlantar dan tidak diketahui keluarganya. Sedangkan yang masih berkeliaran dan diketahui keluarganya ada 24 orang.

Mereka kami biarkan karena masih ada keluarganya dan mereka juga pulang kerumahnya. “Jadi kami hanya membina ODGJ yang tidak diketahui keluarganya saja,” papar Dadang.

Lebih lanjut dikatakan, saat ini kami dibantu oleh 10 orang relawan dan 5 alumni ODGJ. Setelah sembuh, mereka memiliki keahlian baik itu memasak, mencuci, mengurus tanaman dan lain sebagainya.

Rencana kedepan, lanjut Dadang, Yayasan yang berada di Jln Letjen Masudi Kelurahan Mulyasari RT/RW 01/01 Kecamatan Tamansari tersebut, ingin memperluas lahan untuk memberdayakan para ODGJ supaya punya keahlian.

“Dibelakang ada lahan, rencananya ingin kami buat untuk peternakan atau perikanan supaya para ODGJ ada kegiatan dan keahlian,” ujarnya.

Sementara Kasi Rehabilitasi, Tuna Sosial dan Napza Dinas Sosial Kota Tasikmalaya, Nining Rukmini mengatakan, bahwa untuk mengakses kebutuhan para ODGJ, baik kebutuhan kesehatan dan kebutuhan dasarnya, kami melakukan perekaman KTP-El sebagai dasar untuk dibuatkan BPJS yang nantinya akan direhabilitasi di RSJ. dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor.

“Alhamdulillah Kota Tasikmalaya sudah bekerjasama dengan pihak Rumah Sakit, kemarin sudah tiga angkatan diberangkatkan. Satu angkatanya ada 30-40 orang untuk dirawat selama 23 hari,” papar Ningning.

Kemudian, lanjutnya, untuk angkatan sekarang rencananya akan diberangkatkan Bulan Agustus mendatang sebanyak 40 orang.

“Semoga setelah mereka sembuh dan ingat alamat rumah dan keluarganya akan kami antarkan sampai selamat,” harapnya. (Tatang RA)***

Leave a Reply