Gema Mitra – Kota Tasik

Setelah selama satu bulan menjalankan ibadah puasa, sudah saatnya seluruh umat islam di Indonesia khususnya merayakan kemenangan yang jatuh pada hari Rabu 5/06/2019, menurut hasil dari surat edaran dari Ormas Islam/ Organisasi Islam seperti Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PERSIS).

Memasukki musim mudik ke kampung halaman yang sudah dimulai sejak sekitar seminggu yang lalu, Walikota, Wakil Walikota, Sekretaris Daerah, Danramil, Danlanud, Kapolres, Forkominda Kota Tasikmalaya menjalani kegiatan kunjungan kerja/ Kunker ke tempat objek paling vital di Tasikmalaya seperti Kantor Dinas Perhubungan yang mana Walikota dan Rombongan melakukan monitor di ruang ATCS/ Area Traffic Control System untuk memantau langsung arus mudik kendaraan-kendaraan yang keluar-masuk dari dan ke Kota Tasikmalaya, walikota memberikan pesan dan doa bagi setiap pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara juga lewat mikrofon yang menghubungkan pengeras suara yang ada di setiap persimpangan jalan tersebut.

“Pada hari ini seluruh kaum muslimin sama-sama mengumandangkan takbir untuk mengagungkan Nama Kebesaran Allah Swt, semoga Allah Swt menerima amal ibadah kita di bulan suci ini, serta senantiasa melimpahkan Rahmat dan Karunianya kepada kita semua, Warga Kota Tasikmalaya yang saya cintai dan para Tamu yang berkunjung ke kota tasikmalaya dalam menyambut malam Takbir ini, saya menghimbau agar melaksanakan di lingkungannnya masing-masing, adapun yang sedang berada di jalan supaya tetap mengutamakan keselamatan dan ketertiban lalu lintas serta dapat saling menghormati antar sesama pengguna jalan” pesan Wali Kota Budi Budiman saat di ruangan ATCS.

Alt

Lalu beranjak dari sana rombongan meluncur ke wilayah simpang lima untuk memberikan bingkisan. Parsel ke petugas-petugas dari kepolisian yang sedang mengamankan jalan tersebut yang mana aktifitas saat itu terpantau macet dan padat merayap. Tak lama dari sana rombongan melanjutkan kegiatan menuju Stasiun Tasikmalaya untuk bertemu dengan kepala stasiun memastikan bahwa aktifitas penumpang-penumpang dari luar dan ke Tasikmalaya lancar dan aman yang diakhiri seserahan bingkisan/ parsel dari Walikota ke Kepala Stasiun tersebut.

Alt

Di hari yang penuh dengan kebahagiaan ini, tak lupa Walikota dan rombongan di sela-sela kegiatan tersebut melakukan kunjungan ke RSU Dr. Soekardjo Tasikmalaya, Walikotapun memasukki gedung tersebut dan membesuk lalu bersalaman dengan pasien-pasien yang ada saat itu, dalam hal ini Budi Budiman membuka wawancaranya kepada semua wartawan-wartawan yang hadir mendampingi rombongan.

“Ya ini saya dengan rekan-rekan, juga inikan kita rutin setiap malam idul fitri pemantauan berharap malam idul fitri itu betul-betul sebagai bentuk puncak dari pada ibadah kita di bulan ramadan juga kami mempunyai kewajiban bagaimana menghadirkan rasa aman, nyaman, tentram, dan kami menghimbau juga gunakan waktu yang baik ini untuk betul-betul takbir, tahlil, tahmid di mesjid-mesjid masing-masing kalaupun hari ini yang masih di luar harapan kami juga berjalan dengan tertib lalu lintas karena kita ingin malam idul fitri ini Insya Allah tahun yang penuh berkah dan menjadi hari kemenangan bagi umat islam”, ungkap Wali Kota.

Alt

Dia juga berharap supaya masyarakat tidak ada hal-hal semacam kecelakaan lalu-lintas dan sebagainya, makanya tertib lalu-lintas, jaga lingkungan sendiri, di pos kamling juga termasuk moda-moda angkutan seperti kereta api walau ada sedikit hambatan di Nagreg sendiri tapi sudah berjalan dengan lancar, termasuk di rumah sakit kita pemantauan, kesiap-siagaan petugas kita untuk menangani permasalahan-permasalahan. “Harapan kami, ini menjadi bagaimana kita memberikan yang terbaik di malam idul fitri dan kebahagiaan bagi semua”, tutur Budi.

Rombongan-rombonganpun melanjutkan ke Taman Kota Tasikmalaya, yang mana sebagai titik akhir kunjungan malam takbiran, dalam hal ini Wakil Walikota Muhammad Yusuf menanggapi kegiatan tersebut “kita berharap selama idul fitri ini betul-betul bisa merayakan kemenangan dalam suasana yang aman, lancar, tertib, dan paling penting mereka bisa tenang. Alhamdullilah suasana di kita tentram baik keamanan segala macam. Mudah-mudahan ini terus berjalan sebagaimana mestinya” tanggapnya Wakil Walikota.

Sekretaris Daerah Ivan Dicksan yang juga ikut mendampingi mengatakan, barusan kita kan monitor situasi di masyarakat menjelang idul fitri. “Alhamdullilah tadi kita keliling situasi kota Tasikmalaya kondusif walau masih ada sedikit-sedikit yang perlu dievaluasi, tetapi secara umum berjalan dengan aman. Harapannya momentum idul fitri ini kita bisa meningkatkan kualitas kita setelah kemarin kita menunaikan ibadah puasa selama satu bulan mudah-mudahan euforia ini bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat bagaimana kita bersama-sama membangun kota tasikmalaya ke depan” tanggapnya Sekda saat di wawancarai di Taman Kota.

Sementara itu Kepala BPBD Kota Tasikmalaya Ucu Anwar mengatakan bahwa “untuk kegiatan yang berkaitan dengan malam takbiran BPBD Tasikmalaya sama dengan terutama polres dari H-7 sampai H+7 kita sudah ada di jalan termasuk pada Hari-H menyediakan dan menyiapkan pos-pos untuk pantau seperti di jl. Sutsen dan di Linggajaya dan untuk malam ini takbiran kita menyiapkan pos di Taman Kota, termasuk kita melakukan penertiban pohon-pohon tinggi yang ada dekat dengan badan jalan, kita adakan rolling juga crosscheck kita patroli, sebab kita tidak masuk ke musim penghujan, hanya kita sedang memasukki musim kemarau jadi kita sudah melakukan mapping/ pemetaan menghadapi musim kemarau yang akan datang” ungkap Ucu Anwar kepada Gema Mitra.

Alt

Berbicara soal keamanan dari pihak TNI-Polri Redaksi Gema Mitra juga mewawancarai Danlanud Wiriadinata Letkol Pnb M. Pandu Adi S di sela-sela kegiatan, malam ini kami sengaja memonitor dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1440 H. “Pada dasarnya kita dari unsur TNI ikut dalam kegiatan pengamanan terpadu dalam rangka arus mudik. Kita dari unsur TNI mendukung penuh apa yang telah diuraikan oleh kepolisian dalam ini Polresta kota Tasikmalaya, jadi kita menurunkan juga baik dari unsur Kodim, maupun Lanud, dan Brigif, jadi semua sudah terkoordinasi.

Seperti Lanud kita memiliki pos terpadu sendiri di depan simpang Bandara Wiriadinata, jadi itu akan digunakan sebagai alternatif, apabila terjadi kemacetan memasukki wilayah kota Tasik itu kita bantu dengan segala upaya dalam melancarkan arus mudik tahun ini. Dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pun sudah memberikan perintah langsung ke setiap Matra-Matranya, bahwa TNI dan Polri adalah sebagai anak kandung dari rakyat dan kita mendukung penuh apa yang sudah diperintahkan oleh Panglima TNI” Pungkasnya Danlanud kepada Wartawan.

Alt

Kapolresta Kota Tasikmalaya dalam hal ini memberi tanggapannya juga menyangkut pengamanan-pengamanan yang ada wilayah khususnya Kota Tasikmalaya, “kita mengantisipasi segala kerawanan takbir ini, dan kita tidak melarang untuk takbir keliling, tetapi kita menghimbau karena memang banyak kerawanan yang terjadi termasuk pada saat takbir keliling dengan bak terbuka otomatis keselamatan menjadi hal yang utama” himbau Kapolresta saat diwawancarai.

Di sisi lain kunjungan rombongan Walikota di Taman Kota Tasikmalaya, ada saja masyarakat yang berbuat di luar batas kewajaran apalagi di depan umum saat malam takbiran berlangsung. 3 orang pemuda asal Setiawargi, Tamansari, Gobras mabuk setelah menikmati 3 botol Ciu/ jenis Minuman Beralkohol kelas rendah yang langsung diamankan oleh Unit Sabhara Kota Tasikmalaya, salahsatu dari kesigapan Polri dalam mengamankan Idul Fitri ini. (M. Rizky Arbianto).