Gemamitra.com
SMAN 1 Singaparna yang berada di Jalan Pahlawan KH. Z Musthafa Singaparna Tasikmalaya, sukses mengadakan Pameran Pendidikan Perguruan Tinggi se-priangan timur atau Pisau Fair 2019 dengan tema “Mengoptimalkan Potensi Diri Melalui Sarana Teknologi Dalam Mewujudkan Mimpi”. Bertempat di halaman kampus sekolah tersebut pada hari Kamis (31/01/2019).

Acara yang berlangsung cukup meriah ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto S.Ip, Kabid Disdik Provinsi Jabar Ir Yesa Sarwedi M.Pd, Kepala Sekolah SMAN 1 Singaparna Drs H Dudus Dustiana MM, Para Kepala Sekolah SMA, SMK se-Kab.Tasikmalaya, perwakilan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Kab.Tasikmalaya dan sekitarnya, para peserta didik dan guru se-priangan timur dan para tamu undangan lainnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Singaparna Drs H Dudus Dustiana MM saat sambutannya mengatakan acara pameran Pendidikan Perguruan Tinggi dimaksudkan untuk memberikan memberikan informasi dan berkonsultasi bagi para siswa/siswi SMA, SMK yang akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi

Dudus menuturkan, dalam pameran ini para peserta dapat berkonsultasi perihal biaya, program perkuliahan baik untuk Perguruan Negeri maupun Swasta yang mudah-mudahan dapat menjadi pencerahan. “Untuk itu alumni SMAN 1 Singaparna setiap tahun menggelar kegiatan ini serta mengundang para kepala SMA dan SMK sederajat, yang ada di wilayah Kab.Tasikmalaya untuk bersama-sama berkonsultasi serta bertukar pikiran untuk para siswa-siswinya untuk melanjutkan jenjang pendidikannya ke Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. Semoga kegiatan seperti ini dapat berlanjut di tahun berikutnya dengan lebih meriah lagi,” paparnya.

Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum mengatakan saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, apalagi yang melaksanakannya bukan guru tetapi siswa khususnya para alumni, kegiatan ini sangat penting untuk menginformasikan kepada siswa-siswi yang ada di Tasikmalaya tentang peluang-peluang masuk perguruan tinggi negeri, karena perguruan tinggi negeri adalah yang menjadi tujuan favorit bagi seluruh siswa bukan hanya di Kabupaten Tasikmalaya tapi juga di Jawa Barat bahkan diseluruh indonesia. “Siapa tau dengan diadakannya kegiatan ini kemudian munculah minat keluaran SMA di Tasikmalaya yang ingin masuk keperguruan tinggi negeri, karena lahirnya keinginan berawal dari pendengaran, penglihatan, dan juga berita-berita dari orang, sehingga para siswa dan siswi pada kesempatan ini betul-betul akan mendapatkan informasi dari pihak universitas, perguruan tinggi, institut dan akademik yang hadir pada kesempatan ini.

“Saya berharap di beberapa kota dan kabupaten, untuk mengadakan kegiatan yang sama. Memang sudah ada di beberapa kota dan kabupaten, tetapi saya berharap bukan hanya yang sudah tapi yang belum pun dari 27 kota dan kabupaten melaksanakan kegiatan ini sehingga minat siswa untuk masuk perguruan tinggi di Jawa Barat semakin tinggi”, ungkapnya.

Ketua Panitia Aris Setiadi menuturkan, pisau fair tahun 2019 ini adalah kegiatan yang ke enam kalinya diselenggarakan. Dimulai dari tanggal 26 Januari untuk Pra Event diisi oleh seminar dan talk show dari para alumni SMAN 1 Singaparna yang sudah diterima di PKN STAN, Farmasi UNPAD dan juga dihadiri oleh M. Fauzi Abdul Rachman penulis dan dosen IR UNJANI. Kemudian untuk acara puncaknya sekarang, 31 Januari yang dihadiri oleh 42 Universitas baik negeri maupun swasta. Hadir juga Indra Sugiarto seorang motivator milenial, content creator dan juga entrepreneur.

“Alhamdulillah berkat kerjasama yang baik dengan pihak sekolah, seluruh panitia dan para sponsor pendukung, rangkaian acara berjalan dengan lancar dan kondusif. Semoga melalui kegiatan ini adik-adik kelas XII dapat menggali informasi seluas-luasnya mengenai perguruan tinggi sesuai dengan potensi dan minat mereka masing-masing”, pungkas Aris. (Rara Hanacho)