Gemamitra.com
Polres Tasikmalaya Kota menggelar apel persiapan pengamanan malam tahun baru 2019, bertempat di Taman Kota Tasikmalaya Senin sore (31/12/2018).

Upacara apel tersebut diikuti oleh personel TNI, Kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, BPBD dan PMI Kota Tasikmalaya.

Walaupun cuaca di seputaran Taman Kota diguyur hujan, namun acara apel ini terus berjalan dimulai sekitar pukul 16.30 WIB. Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Febry Kurniawan Ma’ruf, S.IK menjadi Inspektur Upacara.

Dalam amanatnya Kapolres mengatakan, bahwa kegiatan apel ini merupakan momentum penting untuk melaksanakan pengecekan kesiapan personil sarana prasarana pengamanan serta memperkuat sinergitas dan soliditas para personil pengamanan yang terlibat dalam pengamanan malam tahun baru 2019.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI, Dari Brigif, Kodim, Lanud, POM TNI dan seluruh Dinas-dinas potensi masyarakat terkait yang telah turut serta dalam pelaksanaan apel ini. Hal ini sekalian menunjukkan kinerja dan kredibilitas dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat khususnya di Kota Tasikmalaya dalam perayaan malam pergantian tahun 2018 sehingga terwujud situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini juga merupakan rangkaian kegiatan dari Operasi Lilin Lodaya 2018 yang bertujuan untuk memelihara Kamtibmas di wilayah hukum Tasikmalaya Kota.

Kapolres menuturkan, kita akan mengedepankan upaya preventif Kepolisian. Adapun pelaksanaan pengamanan rangkaian operasi Lilin Lodaya 2018 berdasarkan analisa dan evaluasi situasi Kamtibmas dapat dikatakan aman dan kondusif, hal ini ditandai dengan tidak terjadinya gangguan Kamtibmas, pada perayaan malam tahun baru 2019 terdapat beberapa aspek kerawanan yang menjadi perhatian bagi personil yang terlibat pengamanan antara lain kegiatan perayaan. Malam tahun baru yang diadakan di hotel-hotel dan di tempat hiburan serta pesta rakyat yang menyambut malam tahun baru 2019 yang dapat menimbulkan kerawanan, kemacetan arus lalu lintas, untuk itu kami menghimbau untuk dapat meningkatkan pengawasan terhadap penggunaan kembang api atau petasan, pesta minuman-minuman keras dan narkoba serta tak lupa untuk memperkuat pengamanan di beberapa gedung Pemerintah, objek vital dalam rangka mengantisipasi upaya teror, laksanakan pula deteksi dini terhadap gerakan radikalisme dan teroris yang dapat mengganggu stabilitas Kamtibmas.

Atasi setiap permasalahan sekecil apapun, tingkatkan selalu kewaspadaan dan peka terhadap potensi kerawanan Kamtibmas sekecil apapun untuk diantisipasi dan ditangani secara tuntas sehingga tidak berkembang menjadi gangguan nyata,” (Yandi)