Tradisi Ramadan, Pemuda DKM Al-Mukhtariyah Gelar Tadarus Al-Qur’an

Alt

Kota Tasik.gemamitra.com | Salah satu keutamaan saat bulan Ramadan adalah tadarus Al-Qur’an. Hal itu sudah menjadi tradisi turun temurun para pemuda DKM Al-Mukhtariyah Rancamacan.

Pelaksanaannya biasa dilakukan secara berjamaah 30-40 menit setelah melaksanakan sholat tarawih.

Para pemuda tampak khusuk. Mereka berkumpul mengkaji ayat demi ayat Al-Qur’an. Dimana kandungan hikmah yang termuat dan terkumpul di dalam Al-Qur’an dapat menjadi kompas penunjuk jalan menuju kebenaran.

“Setiap orang yang mempercayai Al-Qur’an akan semakin bertambah cinta kepadanya, cinta untuk membacanya, mempelajarinya, menghafalkannya, memahaminya, mengamalkannya, dan mengajarkannya,” ungkap Ustaz Bubung Nizar Pimpinan Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah Rancamacan.

Ustaz Bubung yang menjadi imam dalam sholat tarawih itu menuturkan, tadarus Al-Qur’an merupakan amalan mulia yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW terutama sekali pada bulan Suci Ramadhan.

Untuk itu, jangan biarkan bulan Ramadan ini berlalu tanpa tadarus Al-Qur’an. Apalagi masyarakat kita dikenal agamis dan berada dilingkungan pesantren.

“Mari kita hangatkan, agungkan bulan suci Ramadhan ini dengan memperbanyak amal ibadah, semoga kita selalu diberi kekuatan dalam menjalaninya,” pungkasnya.

Hal senada dikatakan Edih Heryadi Ketua RT 02, bahwa tadarus Al-Qur’an ini kegiatan turun temurun, warisan orang tua yang eksistensinya masih tetap terjaga hingga saat ini.

“Dari pembiasaan mereka, orang tua kita dulu, kita dapat mengambil hikmahnya dalam mengagungkan bulan suci Ramadan ini. Seperti diketahui, banyak sekali fadhilah dibalik rutinitas membaca dan mencintai bacaan (ayat) Al-Qur’an,” ujar Edih. (Red/Tatang)***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *