Wujud nyata Demokrasi, Pemilihan Ketua RW 01 Rasa Pilpres

Kota Tasikmalaya.gemamitra.com | Pemilihan Ketua dan Wakil Rukun Warga (RW) 01 yang meliputi Kampung Rancamacan, Pongpok dan Cipacet ini, berlangsung meriah bak pemilihan presiden.

Betapa tidak, para kandidat calon ketua RW 01 yang berada di wilayah Kelurahan Cipari, Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya tersebut, diarak keliling kampung sebagai momentum pesta demokrasi dimulai.

Mereka mengikuti pawai bersama yang diikuti oleh ratusan warga yang dengan antusias menyambut pemimpin baru periode 2021-2023, pada Sabtu 18/09/2021.

Ketua panitia pemilihan Ketua RW 01 Dadan Supyana, S.Pd.I mengatakan, sebelum dilangsungkan pemilihan secara demokratis yakni dengan cara voting, pihak panitia memberikan waktu selama lima menit untuk ketiga calon kandidat Ketua RW dan Wakil yakni pasangan nomor urut satu Edih-Herni, nomor urut dua Jahid-Nining, nomor urut tiga Fatur-Beni, menyampaikan visi dan misinya.

“Usai mereka menyampaikan visi misinya di atas panggung yang turut dimeriahkan oleh kesenian sunda yang diberi nama ngaguar obrolan budaya sunda (ngaronda) yang di pandu Kang Asep Rizal sebagai Host, barulah digelar pemilihan secara Langsung Umum Bebas dan Rahasia (Luber),” terangnya.

Johan sapaan akrab dari Dadan Supyana menjelaskan, bahwa ini adalah kali pertama panitia melaksanakan pemilu RW 01 dan pada kali ini pemilihan digelar secara demokratis dengan  jumlah warga yang berhak menyalurkan hak suaranya berjumlah 1000 jiwa.

“Alhamdulillah pemilihan ketua RW 01 ini berjalan dengan sukses, dengan harapan mudah-mudahan Pilkawe ini menuju Masyarakat yang sejahtera dengan majunya lembur kita ” katanya, Minggu 19/09/2021.

Usai dilakukan pemilihan secara demokratis tepat jam 1 siang panitia langsung melakukan penghitungan suara dengan disaksikan Penasehat Forum Silaturahmi (Forsil) RT RW H. Imih Misbahul Munir, Ketua Forum Bhinneka Tunggal Ika Tasikmalaya Asep Rizal Asyarie sekaligus inisiator acara, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah Rancamacan Ajengan Bubung Nizar dan warga masyarakat yang turut hadir dalam kesempatan tersebut.

Sempat terjadi salip menyalip perolehan suara, suasana semakin tegang. Masing masing pendukung bertepuk tangan dan sesekali terdengar kata huuu dan waktu yang dinantikan tiba dari ketiga calon kandidat itu pasangan Fatur-Beni menang tipis dari rivalnya yakni Jahid-Nining dengan selisih suara yakni Fatur-Beni memperoleh suara 223, Jahid-Nining 219 dan pasangan Edih-Herni 143 suara dan suara tidak sah sebanyak 9 suara.

Sebagai Penasihat Forsil H. Imih mengaku bangga dan sangat mengapresiasi terhadap pelaksanaan pemilihan Ketua RW 01. Menurutnya hal ini patut dijadikan contoh untuk  daerah lain.

Sementara Ketua dan wakil RW 01 terpilih Fatur-Beni mengaku sangat bersyukur. Meraka akan segera menyusun program sesuai dengan visi misinya dalam rangka mensejahterakan masyarakat.

“Terima kasih atas kepercayaan masyarakat, semoga kami mampu menjalan amanah ini sesuai dengan kehendak masyarakat,” ungkap Fatur. (Varikesit)***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *