Gemamitra.com – Tasikmalaya

Polres Tasikmalaya tanam 25.000 jenis pohon di area tanah seluas 12 hektar dalam rangka memperingati hari sejuta pohon sedunia yang bertajuk Polri peduli penghijauan.

Acara yang pimpin oleh Wakapolres Tasikmalaya beserta jajarannya tersebut diikuti pula oleh TNI, Dinas Lingkungan Hidup Tasikmalaya, para pelajar Pramuka Saka Bhayangkara dan juga masyarakat sekitar bertempat di Kp. Cinangsi Warung Legok Kec. Mangunreja, Jum’at 10/01/2020.

Wakapolres Tasikmalaya Kompol Rikky Aries Setiawan menuturkan, bahwa penanaman 25.000 pohon ini tiada lain hanya ingin memanfaatkan lahan-lahan kosong, terutama yang ada di tanah perbukitan juga tebing-tebing yang berpotensi terjadinya longsor.

“Sesuai dengan program Pak Kapolri untuk dilakukan penanaman pohon atau penghijauan, juga sesuai arahan Pak Kapolres, kita tanam di lokasi-lokasi tanah rawan longsor dan bencana,” ucap Kompol Rikky.

Adapun Lokasi tanah yang ditanami saat ini, merupakan kawasan yang menurut data BNPB dan BMKG termasuk zona merah atau rawan longsor diantaranya Kecamatan Salawu, Kecamatan Puspahiang,  Kecamatan bojonggabir dan Kecamatan Sodonghilir menjadi lokasi yang dianggap paling rawan. 

“Diharapkan selain untuk penghijauan, penanaman pohon ini juga mampu meminimalisir peristiwa bencana alam,” pungkas Kompol Rikky. (N’Cos)***