Gemamitra.com – Bandung
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menegaskan pendaftaran calon anggota Polri bebas biaya alias gratis. Kapolri juga mengingatkan agar tak ada permainan dalam perekrutan anggota Polri.

Hal tersebut disampaikan saat membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri Tahun Anggaran (TA) 2020 di Pusdikmin Polri, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/03/2020), dilansir dari Portal Berita Resmi Polri, TribrataNews.

Dalam kesempatan itu, Jenderal Idham Azis menyatakan tak segan-segan mencopot apabila ada oknum anggota Polri mematok harga dalam proses rekrutmen anggota Polri.

“Hal yang paling penting satu, tidak ada rekrutmen bayar-bayar. Kalau sampai ada yang saya dengar, saya akan copot anggota-anggota panitia tersebut,” kata mantan Kadiv Propam Polri.

Untuk diketahui, mulai tanggal 7 hingga 23 Maret 2020 Polri membuka pendaftaran penerimaan Bintara, Tamtama Polri, dan Akpol.

Kapolri juga mengatakan dalam proses rekrutmen anggota Polri, baik Tamtama, Bintara, Perwira, dan Akademi Kepolisian (Akpol) harus mengedepankan prinsip bersih, transparan, dan akuntabel.

“Saya minta supaya dari eksternal dan internal bekerja sama-sama untuk betul-betul transparan dalam proses rekrutmen anggota Polri,” kata mantan Kabareskrim Polri. ***