Gemamitra.com – Kota Tasikmalaya

Dalam rangka memilih ketua osis, Siswa SMPN 10 Kota Tasikmalaya menggelar “Pesta” demokrasi di sekolah mereka. Pemilihan tersebut digelar ala Pemilu langsung, dimana seminggu sebelum pemungutan suara para calon diberi kesempatan melakukan debat dan orasi di depan teman-temannya.
Para calon juga diberi kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi yang dihadiri oleh seluruh warga sekolah.

Kepala SMPN 10 Tasikmalaya Hj. Affi Endah Navila mengungkapkan, pemilihan ketua osis dilaksanakan sudah sejak lama, dari tahun ke tahun. Cuma untuk tahun ini sengaja digebyarkan, terbuka. “Tujuannya, selain mengenalkan sistem demokrasi, juga agar siswa memahami pentingnya memilih pemimpin mulai dari sekolah yaitu di kalangan temannya. Dimulai dari lingkungan sekolah, siswa diharapkan mengenal sistem demokrasi langsung dan dapat menggunakan hak-hak suaranya dalam menentukan pemimpin, dalam hal ini ketua osis” katanya.

Disamping itu, lanjut Affi, kegiatan Pemilu Ketua Osis diharapkan membentuk karakter para siswa, dimana mereka diajarkan pentingnya kerjasama dalam menyelesaikan masalah hingga mengambil keputusan untuk kepentingan orang banyak. “Kepada ketua osis terpilih juga diharapkan bisa berkesinambungan dengan program-program yang dicanangkan oleh sekolah, terutama dalam menciptakan sekolah berbudaya berbasis lingkungan sehat.

“Jadi mereka, ketua osis dan jajarannya menjadi pionir untuk rekan-rekannya, bagaimana menerapkan disiplin dalam kesehariannya di sekolah”, harapanya.

Sementara M. Irhas Noor mantan ketua osis periode sebelumnya, menuturkan pemungutan suara atau pencoblosan dilaksanakan Selasa 12/02/2019, dimana 1035 siswa-siswi SMPN 10 Tasikmalaya memberikan hak suaranya, bertempat di halaman sekolah.

Menurutnya, pemilihan ketua osis tahun ini terasa sangat meriah sekali. Waktu juga sangat efektif, karena ada 4 TPS yang disediakan panitia. Disamping itu, para guru di lingkungan SMPN 10 Tasikmalaya juga turut berperan dalam pemungutan suara dan secara tidak langsung guru memiliki kewajiban membina anak didiknya, memberi contoh sehingga para siswa memiliki karakter yang makin kuat.

“Semoga ketua dan wakil ketua osis yang terpilih sekarang, bisa melanjutkan kepemimpinan yang lebih baik lagi. Membawa nama baik sekolah lebih berprestasi lagi”, ungkapnya.

Dari tiga pasang peserta calon ketua osis SMPN 10 Tasikmalaya yang berhasil terpilih pada pemungutan suara tersebut adalah pasangan nomor urut 2 atas nama Umar Nul Hakim dari kelas VIII E sebagai ketua osis dan Fakhri Ramdani kelas VIII E sebagai wakil ketua osis dengan perolehan suara sebanyak 750 suara (75%). (Tatang RA)