Disdikbud Kabupaten Tasikmalaya Terus Berupaya Tingkatkan Kapasitas Menuju PAUD Berkualitas

Kab. Tasikmalaya – GM | Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya terus berupaya mewujudkan PAUD berkualitas salah satunya dengan menggelar Sosialisasi Penjamin Mutu PAUD Tahun 2024, bertempat di Hotel Dewi Asri, pada Selasa (20/2/2024).

Pada kegiatan ini, Disdikbud berkolaborasi dengan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kabupaten Tasikmalaya dalam menyampaikan materi kepada perwakilan guru PAUD se-Kabupaten Tasikmalaya.

Read More

“Untuk memberikan penjaminan mutu pendidikan atau kelayakan pada satuan Pendidikan PAUD harus berdasarkan kriteria standar mutu atau disebut dengan akreditasi,” ungkap Kabid PAUD DIKMAS pada Disdikbud Kabupaten Tasikmalaya Sera Sani Verana SPd MPd.

Untuk itu, kata Sera, satuan Pendidikan PAUD di Kabupaten Tasikmalaya harus dapat memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik, sesuai standar nasional agar mampu dan benar-benar mewujudkan lembaga satuan PAUD yang terakreditasi.

“Satuan Pendidikan PAUD mempunyai peran penting dalam melaksanakan sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Hal ini agar setiap PAUD dapat terus melakukan perkembangan mutu yang dimilikinya,” ujarnya.

Maka dari itu, Sera menghimbau agar para guru PAUD benar-benar memahami materi yang disampaikan oleh narasumber, terkait penguatan kebijakan dan mekanisme pelaksanaan akreditasi dalam mendukung penguatan penjaminan Mutu Pendidikan PAUD.

“Diharapkan hasil capaian dari kegiatan sosialisasi ini, dapat bersama-sama melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sungguh-sungguh, agar benar-benar mampu mewujudkan Lembaga Satuan PAUD yang terwujud akreditasi,” harap Sera.

Selain itu, lanjut Sera, penjaminan mutu PAUD ini juga merupakan bagian yang harus dilakukan. “Sebab, sebagai dasar penjaminan mutu bagi guru di jenjang PAUD serta sebagai kelengkapan data di dapodik,” pungkasnya. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *