Tarik Wisatawan, Disporabudpar Gelar Kompetisi Pariwisata Kota Tasikmalaya

Kota.Tasikmalaya.gemamitra.com | Dalam rangka menarik pengunjung wisatawan sekaligus mempromosikan destinasi wisata di Kota Tasikmalaya, Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya menggelar konferensi pers Kompetisi Pariwisata, bertempat di salah satu RM di jalan KHZ. Mustofa, Jum’at (19/11/2021).

Kompetisi ini dikonsep dengan paket wisata, diyakini akan menjadi daya jual untuk menggairahkan wisatawan berkunjung ke Tasikmalaya.

Read More

“Wisata itu bukan hanya alam saja, artinya bukan hanya tempat saja, tetapi lebih kepada apa yang dialami oleh wisatawan,” ungkap Ervan Pelaksana Kompetisi Pariwisata.

Dia menjelaskan, peserta harus lebih kreatif dalam meracik paket wisata yang akan dijual. Dikarenakan ada banyak kategori paket wisata yang bisa dijual, diantaranya urban, adventure, eko wisata, sosial, kuliner dan yang lainnya.

“Jadi dalam paket wisata itu disertakan jadwal perjalanan, harga, fasilitas yang di dapat dan lainnya. Jika peserta bisa membuat paket yang menarik, tentu akan menjadi ladang penghasilan bagi yang membuatnya. Nanti kita ikut membantu untuk memasarkan secara digital,” terangnya.

“Dan yang lebih penting adalah bisa memberdayakan ekonomi masyarakat di tengah pandemi saat ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ervan mengatakan, adapun hadiah yang akan diperebutkan dalam kompetisi ini adalah tiga tiket liburan ke Bali.

“Untuk deadline pendaftaran sampai tanggal 21 November 2021, tapi itu juga bisa berubah sesuai kebutuhan. Peserta yang ingin daftar bisa melalui link katarasik.com,” tambahnya.

Sedangkan saat ini, lanjut dia, peserta yang terdaftar sudah mencapai angka 68 peserta. Bahkan ada 10 peserta berasal dari luar Kota Tasik.

Warga pribumi Kota Tasikmalaya bisa ikut berpartisipasi dan memeriahkan acara kompetisi tersebut.

“Memang kompetisi ini dibuat khusus untuk paket wisata di tasik, tapi peserta luar pun boleh ikut. Kalau warga Tasik gak ikut, nanti uang dari hadiah paket wisatanya jatuh ke orang luar,” tandasnya.

Di tempat yang sama Kepala Disporabudpar Hadian menuturkan, acara silaturahmi dengan insan pers yang peduli terhadap pariwisata dan awak media sosial salah satunya mengedepankan periwisata kota Tasikmalaya.

Hadian menjelaskan, Disporabudpar mempunyai program dengan melihat situasi kondisi pandemi yang melanda seluruh aspek kehidupan.

“Tahun 2020 dan 2021, pariwisata sangat terdampak dengan pandemi Covid 19, karena salah satunya adalah kerumunan orang, sedangkan kegiatan pariwisata salah satunya adalah berkerumun,” ucap Hadian.

Namun terangnya, peningkatan ekonomi harus tetap berjalan, salah satu program Discover the local Tasikmalaya. Menurut Hadian, dalam peningkatan ekonomi harus seimbang dan Disporabudpar yang mencoba memberikan kesempatan uji coba dan mencoba pariwisata palaku dan pemilik.

“Disporabudpar mencoba mengadakan kompetisi kompetisi periwisata Kota Tasikmalaya, kerjasama dengan para insan pers atau komunitas, termasuk para pelaku kuliner mecoba melakukan terobosan,” pungkas Hadian.

Apabila ada yang berminat masyarakat Kota Tasikmalaya bisa mendaftarkan dirinya melalui website www.katarasik.com, hadiahnya liburan ke bali untuk 3 orang pemenang, dengan Timeline Kompetisi Pariwisata Kota Tasikmalaya untuk Pendaftaran (13 nov – 21 nov 2021).

Technical meeting (22 nov 2021), Upload karya (22 nov – 7 des 2021), Pengumuman 10 besar (10 desember), Grand Final & Malam penganugrahan (12 Desember 2021), Edukasi ke bali untuk pemenang (15-17 Des 2021).Timeline diatas bisa berubah sewaktu waktu disesuaikan kondisi dan peraturan pemerintah. (Dede Hermawan)***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *