KKG Gugus Menakjaya Laksanakan Kegiatan Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar

Kota Tasikmalaya – GM | Merdeka belajar merupakan jenis pembelajaran yang dibutuhkan oleh peserta didik masa kini. Peserta didik dituntut untuk mampu berpikir analitis dan kolaboratif dan para pendidik harus menghadapi perkembangan teknologi yang berubah dengan sangat cepat.

Kelompok Kerja Guru (KKG) Menakjaya Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya telah mengadakan kegiatan rutin kelompok, diikuti oleh 64 guru kelas Sekolah Dasar (SD) dan 5 Kepala Sekolah yang masuk ke dalam kelompok KKG Menakjaya.

Read More

Kegiatan tersebut dipusatkan di SDN 3 Sukamenak dengan mengusung materi “Sosialisasi Merdeka Belajar dan Implementasinya dalam Pembelajaran”, Senin 23/5/2022, beberapa waktu lalu.

Kepala Seksi Pembinaan GTK PAUD dan SD Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Kendra Rodiansyah, S.Pd, saat membuka kegiatan mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kepada KKG Menakjaya yang telah mengadakan kegiatan rutin kelompok.

“Karena KKG adalah wadah bagi guru untuk betukar pikiran, mengemukakan ide-ide baru termasuk yang berkaitan dengan keadaan yang harus ditanggapi dengan segera,” ucap Kendra.

Sekarang ini, lanjut Kendra, Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah, para perangkat pembelajaran yang sudah ada harus dikembangkan. “Hal itu bertujuan supaya terdapat sintaks Kurikulum Merdeka yang menjadi ciri khas,” terang Kendra.

Kemudian kegiatan KKG dilanjutkan dengan Sosialiasasi Merdeka Belajar dan implementasinya dalam pembelajaran oleh Pengawas Gugus Menakjaya Asep Supriyadi, M.Pd.

“Guru harus cerdik dan terampil dalam mengelola kelas. Ciri Khas dari Kurikulum Merdeka Belajar yaitu menciptakan pembelejaran dan asesmen yang berpusat pada murid,” ungkap Asep. (Red)***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *