Memaknai Kisah Nabi dalam Pembelajaran PAIBP untuk Menanamkan Karakter Peserta Didik Kelas VI SDN Cikiara

Oleh : Erni Eka Khrisna Sari, S.Pd.I (Guru PAIBP SDN Cikiara Kota Tasikmalaya)

Kurikulum nasional yang menjadi rujukan kurikulum SDN Cikiara, terdapat muatan pelajaran PAIBP yang memiliki peranan sangat penting, bahkan PAIBP diajarkan secara terpisah dari pembelajaran tematik. PAIBP memberikan pelajaran yang banyak menyentuh ranah sikap peserta didik baik sikap spiritual kepada Alloh SWT mapupun sikap sosial kepada sesama manusia. PAIBP mengajarkan cara hidup yang sesuai dengan kaidah ajaran Agama Islam. Materi pelajaran PAIBP di kelas VI SDN Cikiara, banyak membentuk karakter peserta didik jika diajarkan secara bermakna. Seperti halnya pada bagian pembahasan materi PAIBP kelas VI SDN Cikiara mengenai kisah para Nabi memuat peristiwa-peristiwa penting yang dialami oleh para Nabi Alloh SWT. Agar lebih bermakna dan menyetuh ranah afektif peserta didik, proses pembelajaran pun harus diatur sedemikian rupa sehingga peserta didik nyaman, fokus dan menyenangkan dalam mempelajarinya.

Read More

Dalam memfasilitasi pembelajaran PAIBP di kelas VI SDN Cikiara materi tentang meneladani kisah para Nabi, saya menggunakan metode diskusi kelompok serta memanfaatkan teknologi informatika dengan model pembelajaran berbasis masalah. Seluruh peserta didik dikelompokan dengan komposisi yang heterogen, kemudian diberi lembar kerja yang di dalamnya berisi tentang permasalahan dikaitkan dengan kisah yang dialami para Nabi. Setiap kelompok mengkaji materi dan permasalahan yang disajikan dalam lembar kerja dengan menggunakan fasilitas internet. Setelah itu peserta didik berdiskusi dalam kelompok, kemudian melakukan presentasi masing-masing kelompok pada diskusi kelas. Saya hanya memfasilitasi dan membimbing kegiatan pembelajaran tersebut serta meluruskan jika ada pemahaman yang salah. Setelah itu, pembelajaran dilanjutkan dengan mengaitkan materi bahasan yang dipresentasikan tadi dalam kontek kehidupan nyata sehari-hari peserta didik. Berbagai karakter baik, dapat ditanamkan dalam penbelajaran tersebut, mulai dari sikap yang dimunculkan oleh para Nabi dalam kisahnya, sikap tanggung jawab, saling menghargai ketika diskusi, sikap berani ketika melakukan presentasi dan sikap literat ketika menyelesaikan masalah dan mengumpulkan informasi menggunakan internet.

Pembelajaran PAIBP di kelas VI SDN Cikiara lebih memberikan nuansa kebebasan kepada peserta didik untuk belajar sesuai gaya masing-masing. Peran saya sebagai seorang guru hanya memfasiitasi dan mengembangkan segala potensi yang dimiliki oleh peserta didik agar berkembang maksimal dan bermanfaat bagi mereka. Pembelajaran berlangsung dengan cukup menyenangkan dan penuh suasana santai akan tetapi peserta didik tetap disiplin dan bertanggung jawab. Penggunaan internet menambah motivasi peserta didik untuk mencari informasi kisah para nabi sesuai yang ditugaskan dalam lembar kerja secara cepat dan tepat, serta kisah tersebut lebih mudah dihayati oleh peserta didik, karena dengan menggunakan internet, mereka bisa memilih kisah yang ditampilkan baik dalam bentuk narasi, video animasi bahkan film sekalipun. Pembelajaran menjadi menarik dan berpusat pada peserta didik, sehingga hasilnya pun mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi tersebut. Mudah-mudahan dengan memudahkan peserta didik dalam belajar, kualitas pebelajaran semakin baik.***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *